Manfaat dan Risiko Minum Teh Tiap Hari

    Anda Nurlaila - 17 Agustus 2019 07:07 WIB
    Manfaat dan Risiko Minum Teh Tiap Hari
    Ilustrasi--Pexels
    Ada dampak positif dan negatif, jika Anda meminum teh setiap hari. Dampak positifnya, Teh tanpa pemanis kaya akan antioksidan dapat mencegah penyakit kronis. Sementara dampak negatif minum teh dalam jumlah banyak setiap hari bisa membuat Anda mengalami pendarahan akibat luka kecil atau benjolan.


    Jakarta: Teh menjadi minuman favorit di seluruh dunia selain kopi. Jika Anda meminum teh setiap hari, maka Anda telah memberi manfaat bagi hampir semua organ tubuh Anda.

    Teh tanpa pemanis kaya akan antioksidan dapat mencegah penyakit kronis dan membantu memperbaiki sel-sel tubuh. Berasal dari tanaman Camellia sinensis, teh mengandung antioksidan katekin. Manfaatnya menghilangkan radikal bebas dalam tubuh dan mengurangi peradangan.

    Seperti diberitakan Readers Digest, ada beberapa manfaat dan risiko kesehatan minum teh.

    Risiko terkena kanker tertentu turun

    Antioksidan dan senyawa dalam teh dikaitkan dengan risiko kanker tertentu yang lebih rendah. Antara lain kanker kulit, prostat, paru-paru, dan payudara. Berbagai jenis teh berdampak pada kanker yang berbeda. Minum teh hanyalah salah satu cara sederhana untuk mencegah kanker.

    Kulit lebih sehat

    Minum teh hitam secara teratur secara signifikan mengurangi risiko kanker kulit. Menariknya, bagaimana Anda mempersiapkannya membuat perbedaan besar. Teh panas lebih bermanfaat daripada teh dingin.

    Risiko diabetes berkurang

    Minum teh hitam setiap hari dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 dengan membantu mengendalikan gula darah setelah makan. Menurut sebuah penelitian di Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition, teh hitam dapat menurunkan gula darah setelah mengonsumsi makanan yang mengandung sukrosa.

    Gigi lebih kuat

    Meski menyesap teh sepanjang hari bisa sedikit menodai gigi, minum teh layak dilakukan. Sebuah penelitian dalam Journal of Oral and Maxillofacial Pathology menemukan, teh hijau memiliki efek antibakteri yang dapat mengurangi bakteri di rongga di mulut Anda. dan membuat gigi berlubang tidak terlalu parah.

    Baik untuk jantung

    Antiinflamasi dalam teh dapat membuat pembuluh darah lebih fleksibel dan bersih sehingga mengurangi tekanan pada jantung. Katekin mengurangi peradangan dan menghambat pembentukan plak di arteri vital.  Minum tiga cangkir teh hitam per hari  bermanfaat bagi jantung.

    Risiko penyakit Alzheimer berkurang

    Penting untuk mengetahui tanda-tanda peringatan dini dan melakukan hal untuk mencegahnya. Teh hijau dapat membantu mengembangkan resistensi terhadap stres yang berpotensi menjadi penyakit Alzheimer. Polifenol dalam teh juga melindungi sel dari kerusakan.

    Memperbaiki kualitas tidur

    Bersantai dan minum teh sebelum tidur adalah obat insomnia. Menurut sebuah penelitian di Integrative Medicine Research, minum teh dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dan kualitas hidup pada mereka yang mengalami insomnia ringan hingga sedang.

    Meningkatkan konsentrasi

    Kafein dalam teh dapat meningkatkan perhatian dan kewaspadaan. Theanine adalah asam amino yang dapat meningkatkan perhatian dengan mengendurkan otak, tetapi menstimulasinya ketika saatnya untuk fokus. Seduhan teh hangat sebelum bekerja dapat membantu Anda fokus dan konsentrasi.

    Metabolisme meningkat

    Kafein dalam teh membantu meningkatkan ketajaman mental serta meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak hingga 100 kalori per hari. Tapi pastikan tidak berlebihan mengonsumsinya.  Secangkir teh hijau mengandung sekitar 40 miligram kafein. Dalam sehari batasi asupan kafein tidak lebih dari 300 hingga 400 miligram.

    Sulit menyerap zat besi

    Katekin dalam teh dapat mengubah kemampuan tubuh Anda menyerap zat besi. Mereka yang kekurangan zat besi dan anemia hindari minum teh hijau berlebihan. Termasuk anak-anak, wanita hamil, dan mereka dengan riwayat penyakit ginjal.

    Berisiko tinggi alami perdarahan

    Minum teh dalam jumlah banyak setiap hari bisa membuat Anda berisiko mengalami pendarahan akibat luka kecil atau benjolan. Teh juga membuat lebih rentan terhadap memar. Hindari minum teh 2-3 minggu sebelum operasi.

    Mengurangi khasiat obat

    Saat mengonsumsi obat-obatan tertentu, bicarakan dengan dokter sebelum minum teh setiap hari. Katekin dapat mengganggu beberapa obat jantung dan tekanan darah

    Konsumsi teh harian

    Studi bervariasi pada berapa cangkir teh untuk diminum per hari. Anda tentu ingin memperoleh manfaat maksimal tanpa mengasup kafein. Manfaatteh hijau paling efektif jika diminum tiga hingga lima cangkir per hari.

    Teh paling sehat

    Saat minum teh, pastikan minum tanpa pemanis.  Bahkan jika teh beraroma tidak mengandung kalori, masih bisa mengandung pemanis buatan dan pengawet. Lebih baik membuat teh sendiri daripada membeli teh dalam kemasan. Semakin banyak daun teh mengalami proses semakin tidak efektif katekin.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id