Makanan untuk Penderita Kolesterol Tinggi

    Sunnaholomi Halakrispen - 20 Juli 2019 15:12 WIB
    Makanan untuk Penderita Kolesterol Tinggi
    Makanan untuk Penderita Kolesterol Tinggi (Foto: istock)
    Jakarta: Makanan yang sehat untuk jantung bisa membantu menurunkan kolesterol dan menjaga tekanan darah Anda tetap terkendali. Sebaiknya, sediakan bahan makanan yang tepat di dapur Anda.

    Pastikan apapun yang akan Anda konsumsi agar tidak membahayakan kadar kolesterol Anda. Jika Anda tidak yakin makanan mana yang aman dibeli, buatlah daftar makanan yang tepat untuk menjadi stok Anda. Berikut beberapa di antaranya.

    1. Buah-buahan dan sayuran segar

    Penuhi isi kulkas Anda dengan vitamin, mineral, dan nutrisi lainnya. Bisa seperti buah-buahan dan sayuran juga memiliki serat, yang menurunkan kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung.

    Keluarkan dari dalam kulkas saat Anda ingin memakannya. Untuk menangani kondisi kesehatan, Anda membutuhkan setidaknya lima buah dan sayuran dalam satu hari.

    Buah-buahan dan sayuran yang aman Anda konsumsi untuk menjaga kadar kolesterol ialah apel, beri, paprika, brokoli, kembang kol, dan seledri. Kemudian, sayuran berwarna hijau gelap, terong, anggur, kubis, jeruk, pir, labu, tomat, juga timun jepang.

    2. Dairy product

    Dairy product atau bahan makanan yang terbuat dari olahan susu, bisa juga Anda konsumsi. Sebab, diyakini sebagai sumber kalsium yang baik.

    Mentega, keju, krim keju, creamer, susu, krim asam, yogurt, susu kedelai, susu almond, dan produk non-susu lainnya juga bisa menjadi pilihan. Untuk mengantisipasi, hindari saja krim dan pilih opsi produk yang rendah lemak atau tanpa lemak.

    Kemudian, periksa dengan detil, apakah mereka diperkaya dengan kalsium dan nutrisi lainnya. Saat berbelanja minuman dalam kategori dairy product, pilih produk yang tidak diberi pemanis untuk menghindari tambahan gula.

    3. Pengganti daging

    The American Heart Association menyarankan konsumsi dua porsi ikan seminggu. Terlebih, batasi potongan daging berlemak. Makanlah lebih banyak tahu dan protein kedelai lainnya.

    Tahu dan tempe aman untuk Anda makan. Sementera itu, saat mengonsumsi daging, Anda bisa mengontrol yang akan Anda makan. Contohnya, daging sapi, potongan daging tanpa lemak dan daging atau sirloin.

    Kemudian, dada ayam atau kalkun yang tanpa kulit juga tanpa tulang. Ayam atau kalkun yang ditumbuk, tenderloin dan babi yang tanpa lemak. Selain itu, kkan yang tinggi omega-3, seperti herring, mackerel, salmon, trout, dan tuna.

    4. Kacang, biji-bijian, sup

    Kacang dan biji-bijian menawarkan serat untuk membantu menurunkan kolesterol Anda. Maka demikian, dua jenis bahan makanan ini aman untuk dikonsumsi bagi penderita kolesterol tinggi.

    Berbagai macam kacang termasuk kacang kering. Untuk kategori sup, baik mengonsumsi kaldu ayam dan sapi, atau sayuran yang mengandung natrium rendah.

     

    (ELG)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id