10 Hal Berbahaya bagi Kesehatan Mata

    Anda Nurlaila - 22 Mei 2019 17:34 WIB
    10 Hal Berbahaya bagi Kesehatan Mata
    Beberapa hal bisa berbahaya bagi mata Anda, salah satunya adalah menggosok mata. (Foto: Pexels.com)
    Beberapa hal bisa berbahaya bagi mata Anda, salah satunya adalah menggosok mata. Ini dapat membuat mata iritasi dan merusak pembuluh akibat tekanan. Selain itu, gangguan yang Anda rasakan di bagian mata dapat memburuk. 


    Jakarta: Mata adalah salah satu panca indra yang seringkali disepelekan. Padahal, mata membutuhkan perawatan rutin agar dapat berfungsi optimal.

    Tanda disadari ada berbagai hal yang kita lakukan merugikan kesehatan mata. Mengutip WebMD, berikut beberapa diantaranya:

    1. Tidak memeriksakan cedera pada mata

    Bahkan jika tampak biasa saja, temui dokter jika terjadi sesuatu pada mata. Beberapa hal membahayakan seperti kesulitan melihat, ada darah di bagian putih mata dan tidak dapat membuka mata. 

    Gangguan lainnya adalah tidak bisa menggerakkan satu mata maupun keduanya, serta mata yang tampak besar sebelah atau memiliki bentuk yang berbeda dari yang lain. 

    2. Lupa memakai kacamata hitam

    Kacamata hitam melindungi mata dari sinar ultraviolet (UV) matahari. Sinar UV dapat menyebabkan mata berisiko lebih tinggi mengalami katarak, degenerasi makula, atau pterygium, yaitu jaringan tumbuh di bagian kornea mata. Cari kacamata hitam yang menghalangi setidaknya 99 persen sinar UVA dan UVB.

    3. Merokok

    Kebiasaan buruk ini berdampak buruk pada seluruh tubuh termasuk mata. Para perokok lebih mungkin mengalami katarak, kerusakan saraf optik, dan degenerasi makula. Semua itu dapat menyebabkan hilangnya penglihatan.

    4. Menggosok mata

    Menggosok dapat membuat mata iritasi dan merusak pembuluh akibat tekanan. Selain itu, gangguan yang Anda rasakan di bagian mata dapat memburuk. Tangan akan membawa kuman ke sekitar mata. Pastikan agar tangan bersih jika Anda perlu menyentuh mata.

    10 Hal Berbahaya bagi Kesehatan Mata
    (Beberapa hal bisa berbahaya bagi mata Anda, salah satunya adalah menggosok mata. Foto: Pexels.com)

    5. Menghabiskan terlalu banyak waktu di layar

    Semakin dekat Anda melihat komputer, laptop, ponsel atau tablet akan memengaruhi otot mata. Melihat layar terlalu lama akan membuat mata lelah dan sakit kepala. Untuk melatih mata, lakukan aturan 20-20-20. 

    Caranya, lihatlah sesuatu yang berjarak 20 kaki selama 20 detik setiap 20 menit. Dan sering-seringlah berkedip agar mata tetap lembab. Perlindungan layar khusus anti UV juga dapat membantu.

    6. Melewatkan perawatan lensa kontak

    Untuk menjaga mata tetap sehat, bersihkan lensa kontak dengan cairan solusi yang direkomendasikan dokter. Simpan lensa kontak di tempat khusus dan ganti setiap tiga bulan. Sebelum tidur, Anda harus melepas lensa kontak. Jika menggunakan lensa sekali pakai ganti sesuai anjuran dokter. 

    7. Mandi masih mengenakan lensa kontak

    Mandi air panas bisa terasa menyenangkan, tetapi itu tidak baik untuk lensa kontak Anda. Kuman dari air dapat masuk ke lensa dan menyebabkan infeksi. Untuk mencegahnya, lepaskan lensa sebelum mandi. 

    8. Tidak membersihkan riasan

    Partikel sisa maskara, eyeliner atau eye shadow dapat jatuh ke mata Anda dan menyebabkan infeksi. Sangat penting untuk melepas riasan mata sepenuhnya setiap malam. Jika mata Anda merah dan mulai sakit, segera temui dokter.

    9. Tidak tahu riwayat kesehatan mata keluarga Anda

    Penting bagi dokter untuk mengetahui apakah ada kondisi mata di keluarga Anda. Dengan begitu, mereka akan memeriksa Anda secara teratur dan segera memulai perawatan jika ada masalah. Contoh, para peneliti berpikir dua penyebab paling umum kebutaan yakni glaukoma dan degenerasi makula dikaitkan dengan gen.

    10. Tidak memakai kacamata 

    Penglihatan berubah seiring waktu. Pastikan kacamata yang Anda pakai sesuai dengan kebutuhan. Periksakan mata secara teratur untuk mengetahui perubahan kebutuhan mata. 

    Periksa ke dokter spesialis mata jika mata Anda tak membaik kondisinya, bisa kunjungi antara lain Rumah Sakit Mata AINI, RS Mata JEC Menteng, atau di RSUK Tanjung Priok. Atau rumah sakit di dekat daerah Anda.






    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id