Kok Bisa Muncul Banyak Ide Kreatif saat di Kamar Mandi? Ini Penjelasan Ilmiahnya

    Dadali.id - 11 Oktober 2021 20:02 WIB
    Kok Bisa Muncul Banyak Ide Kreatif saat di Kamar Mandi? Ini Penjelasan Ilmiahnya
    Ada beberapa alasan yang membuat otak anda menjadi lebih 'liar' saat ada di kamar mandi. Pexels



    Jakarta: Untuk banyak orang, kamar mandi menjadi tempat yang cukup berjasa. Walau tak biasa, tempat ini kerap membantu melahirkan berbagai ide kreatif.

    Tak jarang ide dan gagasan yang tercipta saat 'bersemedi' di kamar mandi berskala besar hingga unik. Mulai dari ide bisnis hingga ide kreatif.

     



    Ternyata, terdapat penjelasan ilmiah mengenai hal tersebut lho.

    Seorang ilmuwan kognitif, Scott Barry Kaufman merilis hasil risetnya. Kaufman menyatakan 72 persen orang yang ditelitinya mendapatkan ide kreatif di tempat-tempat khusus. Inspirasi kreatif bahkan sering muncul di kamar mandi kantor.

    Dia menilai, aktivitas di kamar mandi membuat ide mengalir lebih mudah dan lebih banyak mendapatkan solusi kreatif. Dihimpun dari berbagai sumber, ada beberapa faktor yang membuat Anda cenderung kreatif saat berada di kamar mandi. Berikut penjelasannya:

    1. Mandi membuat santai

    Saat Anda bersantai, otak tidak diisi oleh hal-hal yang serius maupun kritis sehingga pikiran menjadi lebih tenang. Saat di kamar mandi, umumnya Anda membiarkan pikiran berkeliaran liar serta melamun. Ternyata, hal tersebut yang akan memicu datangnya ide-ide baru.

    Selain itu, mandi juga dapat mengurangi stres dan kecemasan, sehingga akan membantu mengembangkan ide dan solusi kreatif.
     

    2. Produksi hormon dopamin tinggi

    Faktor kedua adalah adanya hormon dopamin yang dilepaskan. Dopamin sendiri adalah hormon yang ada di otak berperan untuk mengatur emosi Anda dalam berkegiatan sehari-hari. Hormon ini sangat penting untuk memunculkan kreativitas pada diri Anda.

    Ide kreatif muncul saat pikiran tenang
    Dopamin yang diproduksi saaat anda rileks membuat otak makin kreatif. Pexels

    Hormon ini akan dikeluarkan saat Anda merasa rileks seperti mendengarkan musik, berolahraga, serta saat mandi. Ternyata, dengan mandi dapat menjadi salah satu cara termudah untuk meningkatkan dopamin. Mandi dengan air dingin dapat meningkatkan dopamin hingga 250 persen.
     

    3. Kerja otak yang lebih tenang

    Ketika kita mengerjakan sesuatu dengan serius, otak kita hanya fokus mengerjakan hal tersebut. Hal ini cenderung memberikan hasil kerja dan solusi yang biasa saja. Namun, jika Anda lebih tenang dan santai, ide yang muncul dijamin akan lebih kreatif.

    Saat kita mandi dengan keadaan tidak tergesa-gesa, otak bekerja dengan lebih tenang dan santai. Kondisi tersebut membuat Anda cemerlang dalam menghasilkan ide serta solusi untuk kehidupan.  

    Itulah beberapa faktor serta penjelasan mengapa kita cenderung lebih kreatif saat di kamar mandi. Semoga bermanfaat. (Nuansa Islami)

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id