Risiko Penyebaran Covid-19 Melalui Tester Make Up

    Raka Lestari - 22 Mei 2020 06:00 WIB
    Risiko Penyebaran Covid-19 Melalui Tester Make Up
    Selama pandemi covid-19 ada hal yang berubah, salah satunya hindari mencoba tester make up. (Foto: Pexels.com)
    Jakarta: Bagi para wanita yang suka membeli kosmetik, tester make up merupakan salah satu hal yang sudah biasa dilakukan. Dengan menggunakan layanan untuk mencoba make up yang akan dibeli, inisangatlah memudahkan pelanggan agar tidak salah dalam membeli. 

    Namun di tengah pandemi covid-19 seperti sekarang, penggunaan tester make up ini justru berisiko menularkan virus tersebut.

    Dikutip dari Insider, pada tahun 2019 ada sebuah studi yang menemukan bahwa setidaknya 70 persen dari lipstik, lip gloss, eyeliner, mascara dan beauty blender yang dilakukan penelitian mengandung kontaminasi mikroba dalam jumlah yang cukup signifikan.

    “Sudah diketahui bahwa brush yang biasa digunakan pada make up dan tester make up merupakan tempat yang sangat nyaman untuk berkembang biak mikroorganisme seperti bakteri,” ujar Dr Joshua Zeichner, direktur penelitian kosmetik dan klinis di Mount Sinai Hospital. 

    Menurutnya, tempat-tempat tersebut biasanya lembap sehingga menjadi tempat yang nyaman untuk mikroorganisme tumbuh.

    Dan hubungannya dengan covid-19, Dr Zeichner menambahkan, “Kita semua tahu bahwa covid-19 dapat hidup di benda mati selama beberapa jam bahkan sampai berhari-hari,” katanya. 

    “Dan karena tester make up langsung diaplikasikan pada wajah, risiko untuk penyebaran infeksi semakin tinggi karena berdekatan dengan mulut dan hidung.”

    “Dan saya merasa bahwa dalam waktu dekat, berbagai toko penjual make up kemungkinan tidak akan menyediakan layanan tester make up lagi untuk ke depannya (untuk jangka waktu yang belum ditentukan),” ujar Dr Zeichner. 

    Ia juga merekomendasikan kepada masyarakat untuk tidak mencoba tester make up yang disediakan di toko-toko make up. Dan selama berada di rumah, penting untuk tidak berbagi make up dan alat-alat make up dengan orang lain. 

    Jangan lupa juga untuk selalu membersihkan alat-alat make up setelah Anda menggunakannya dan membuang produk make up yang sudah melewati batas kedaluwarsa.



    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id