Virus Korona Bisa Rapuh Terkena Detergen

    Sunnaholomi Halakrispen - 17 Maret 2020 16:40 WIB
    Virus Korona Bisa Rapuh Terkena Detergen
    Virus korona bungkusnya sangat rapuh terkena detergen dan kalau pecah maka virusnya akan mati. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Virus corona SARS-CoV-2 penyebab penyakit covid-19 diyakini bisa rapuh jika terkena deterjen. Hal tersebut dinyatakan oleh Juru Bicara Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto sebagai salah satu upaya pencegahan penyebaran covid-19.

    Upaya pertama yang bisa dilakukan masyarakat ialah melakukan social distance. Setidaknya, kata Yuri, beri jarak sejauh satu meter.

    Sebab, kemungkinan virus yang penyebarannya dengan cara droplet terjadi dalam kurang lebih dari satu meter.  Sehingga, menjaga jarak antar orang bisa menjaga diri, terutama keluarga kita.

    Usahakan untuk tidur sendiri, sebagai upaya memaksimalkan kesehatan fisik. Kemudian, tidak berbagi alat makan dan minum. "Tapi setelah itu dicuci dengan sabun, karena virus ini bungkusnya sangat rapuh terkena detergen dan kalau pecah maka virusnya akan mati. Ini yang penting. Detergen apa pun," ujar Yuri di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta.

    Ia menekankan agar masyarakat memakai alat makan dan minum yang terpisah atau berbeda dengan anggota keluarga lainnya. Namun, bukan berarti alat makan yang sekali pakai lalu dibuang.

    Pembersihan terhadap alat makan dan minum tersebut dinilai perlu diterapkan oleh seluruh masyarakat. Selain itu, masyarakat juga diimbau untuk melakukan self monitor terhadap keluhannya. 

    "Setelah itu baru dijadwalkan ke rumah sakit, tidak perlu buru-buru, tidak perlu berdesakan untuk datang ke rumah sakit. Sesampai ke rumah sakit tidak langsung dilakukan swab, harus konsultasi, maka dokter yang akan menentukan," pungkasnya.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id