Mengulik Terowongan Disinfektan Anti Covid-19 di Kediaman Vladimir Putin

    Sunnaholomi Halakrispen - 19 Juni 2020 10:28 WIB
    Mengulik Terowongan Disinfektan Anti Covid-19 di Kediaman Vladimir Putin
    Presiden Rusia Vladimir Putin (Foto: AFP)
    Moskow: Presiden Rusia, Vladimir Putin punya cara khusus agar ia terhindar dari virus korona. Dia membangun terowongan disinfektan yang berguna mendeteksi siapa saja yang ingin berkunjung ke kediamannya.

    Terowongan ini tak biasa, bergaya futuristik dan tentunya bisa menyemprotkan para pengunjung dengan disinfektan. Putin memiliki dua terowongan yang dipasang di Kremlin dan di kediamannya di dekat Moskow, tempat di mana ia kerap mengadakan pertemuan tatap muka.

    "Bilik disinfektan dipasang ketika epidemi sedang melanda. Tindakan pencegahan ekstra dapat dibenarkan dan dimengerti untuk presiden," ujar Juru Bicara, Dmitry Peskov Putin, kepada The Guardian.

    Peskov sendiri tidak mengatakan, apakah Putin sendiri menggunakan terowongan yang juga memancarkan sinar ultraviolet itu. Di sisi lain, terowongan itu dapat menggunakan teknologi pengenalan wajah dan mendeteksi suhu tubuh pengunjung.

    Penggunaan terowongan serupa juga telah ada di Tiongkok, Meksiko, dan Bosnia. Mereka telah menjadi kontroversial karena kekhawatiran pengguna dapat menghirup larutan pembersih dalam bentuk aerosol.

    Cuplikan demonstrasi terowongan, yang diterbitkan oleh RIA Novosti, menunjukkan orang-orang bermasker yang melewatinya disemprotkan dengan kabut disinfektan dari langit-langit dan sisi-sisi. Semprotan cairan itu pun menutupi pakaian mereka hingga kulit mereka.

    Dalam mengelola krisis coronavirus Rusia, Putin sempat bimbang antara prestasi pribadi yang berani dan sangat hati-hati. Pada 24 Maret 2020, ia mengenakan jas hazmat kuning untuk mengunjungi rumah sakit coronavirus utama Moskow. Ia juga tak mau berfoto selfie dengan staf rumah sakit dan kemudian berjabat tangan dengan kepala dokter rumah sakit, Denis Protsenko.

    Tetapi, ketika Protsenko didiagnosis covid-19, Putin menghentikan penampilannya di depan umum dan menghilang dari pandangan publik. Ketika ia berbicara kepada publik, itu berasal dari sebuah ruangan tanpa jendela yang diyakini berada di kediamannya di luar pinggiran kota Moskow.

    Mengulik Terowongan Disinfektan Anti Covid-19 di Kediaman Vladimir Putin
    Salah satu tamu memasuki terowongan disinfektan di kediaman Putin. (The Guardian)

    Terowongan disinfektan yang digunakan Putin diproduksi oleh perusahaan Rusia yang berbasis di kota Penza. Perusahaan ini memang spesialis dalam membersihkan bagian-bagian untuk peralatan manufaktur.

    Dengan timbulnya new coronavirus, pabrik ditugaskan untuk mengembangkan dispenser antiseptik dan menyajikan terowongan atau bilik disinfektan sebagai benda ideal untuk rumah sakit dan rumah perawatan.

    "Pabrik Penza tidak hanya menyelesaikan tugas ini tetapi telah memastikan keselamatan pemimpin negara dan semua orang yang mengunjunginya," tulis pemerintah Penza dalam siaran pers.

    Namun, isi dari semprotan itu belum terungkap. Meskipun perusahaan sebelumnya membuat larutan pembersih.

    Prosedur penggunaan disinfektan

    Sedangkan, menurut dr. Arini Astasari Widodo, SpKK, cairan disinfektan berbahaya jika terkena kulit. Disinfektan dapat menyebabkan dermatitis kontak. Salah satunya peradangan terhadap kulit, yang dalam hal ini dipicu oleh kontak terhadap bahan kimiawi.

    Lebih lanjut, dr. Arini menyatakan, dermatitis kontak yang terjadi dapat berupa reaksi iritasi atau reaksi alergi. Reaksi iritasi lebih sering terjadi dibandingkan reaksi alergi.

    "Reaksi kulit umumnya dapat berupa kulit kering, pecah-pecah, perih, dan kadang kala gatal. Cairan disinfektan merupakan cairan kimia bersifat basa, sehingga berbahaya apabila mengenai mata," ujar dr. Arini kepada Medcom.id, Kamis, 26 Maret 2020.

    Dalam jangka panjang, desinfektan menyebabkan pembentukan jaringan parut di kornea hingga menyebabkan kebutaan. Tidak hanya bagian mata, disinfektan juga akan mengiritasi saluran napas dan area genitalia.

    Mengulik Terowongan Disinfektan Anti Covid-19 di Kediaman Vladimir Putin
    Cairan disinfektan berbahaya jika terkena kulit. Disinfektan dapat menyebabkan dermatitis kontak. (Foto: Dok Antara)

    "Sehingga pemakaian pada area ini selayaknya dihindari. Sedangkan disinfektan adalah sesuatu yang disemprotkan pada permukaan benda mati seperti meja, kaca, pegangan tangga, dan lain-lain," paparnya.

    Sementara itu, isi bahan aktif antara antiseptik dan disinfektan sering kali serupa, misalnya hydrogen peroksida, alkohol, klorheksidin. Namun, tentunya formulasi yang digunakan untuk benda mati (disinfektan) dan yang digunakan khusus untuk kulit (antiseptik) berbeda spektrum keamanannya untuk kesehatan kulit.

    "Umumnya konsentrasi pada disinfektan lebih tinggi dibandingkan antiseptik. Oleh karena itu, produk disinfektan lebih berbahaya bila terpapar pada kulit. Pakailah produk antiseptik yang didesain khusus untuk kulit," pungkasnya.

    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id