Manfaat Temulawak dalam Meningkatkan Sistem Imun

    Raka Lestari - 11 Mei 2020 13:39 WIB
    Manfaat Temulawak dalam Meningkatkan Sistem Imun
    Ilustrasi-Pexels



    Jakarta: Dalam memelihara daya tahan tubuh di tengah pandemi covid-19 seperti sekarang ini, salah satu yang bisa dilakukan bisa melalui cara holistik. Misal, tidur yang cukup, istirahat yang cukup, makan yang bergizi seimbang, sebisa mungkin hindari stress, dan minum air putih yang cukup.

    "Ketika memang kebutuhannya mengharuskan kita perlu suplemen, maka konsumsilah suplemen itu sesuai dengan kebutuhan," ujar Dr. Inggrid Tania, M.Si, Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI)..






    "Ketika kita harus konsumsi setiap hari, kita bisa mengonsumsinya setiap hari, tetapi tetap dibarengi dengan upaya lain yang mampu menjaga dan meningkatkan sistem imun, seperti minum air putih cukup, istirahat cukup, dan sebagainya. Artinya, mengonsumsi suplemen itu bukan satu-satunya, tetapi sebagai salah satu upaya," tuturnya.

    Dr. Inggrid memberikan contoh curcumin yang terkandung dalam temulawak. Khasiatnya, yakni sebagai zat bioaktif memiliki sifat-sifat misalnya, antioksidan, anti inflamasi, imunomodulator.

    Sifat-sifat itu bermanfaat pada berbagai kondisi kesehatan maupun kondisi yang patologis. Termasuk saat pandemi ini. Penelitian-penelitian yang sudah ada juga menunjukkan bahwa Curcumin memiliki sifat anti virus.

    Menurut Dr. inggrid, selain orang dewasa, pemberian cucurmin juga bisa diberikan pada anak-anak. Campuran curcumin atau esktrak temulawak di dalam multivitamin, bersifat sinergis.

    Artinya, selain ada sifat immunomodulator, Curcumin memberikan manfaat lain bagi anak-anak. Misalnya, memperbaiki nafsu makan, dan bisa membantu pertumbuhan juga.

    Hal penting lainnya adalah dalam mengonsumsi Curcumin pada umumnya hampir tidak ada kontra indikasi konsumsi Curcumin pada anak-anak. Perbedaan pada anak-anak dan dewasa hanyalah di dosisnya saja.

    "Kalau Covid-19 khan infeksi virus. Karena infeksi virus ini sifatnya self limiting deases, jadi sangat tergantung pada sistem imun kita," tutup Dr. Inggrid.

    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id