Suara yang Digunakan pada Terapi Musik

    Kumara Anggita - 01 Agustus 2020 10:07 WIB
    Suara yang Digunakan pada Terapi Musik
    Terapi garpu tala menggunakan garpu tala logam yang dikalibrasi untuk menerapkan getaran spesifik ke berbagai bagian tubuh. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Tahukah Anda bahwa musik memberikan berbagai macam manfaat terkait kesehatan fisik dan juga mental? Oleh karena itu, musik digunakan untuk terapi.

    Dikutip dari Healthline, terapi musik digunakan untuk mengobati sejumalah kondisi seperti:
    - Gangguan kecemasan
    - Depresi
    - Gangguan stres pasca-trauma
    - Demensia
    - Gangguan spektrum autisme dan kesulitan belajar
    - Gangguan perilaku dan kejiwaan
    - Kanker
    - Stres
    - Perubahan suasana hati
    - Menurunkan tekanan darah
    - Menurunkan risiko penyakit arteri koroner dan stroke
    - Meningkatkan kualitas tidur

    Jenis terapi suara atau musik

    Suara atau musik yang digunakan beragam. Dan setiap musik memberikan manfaat yang berbeda. Beberapa jenis musik yang sering dipakai terapis antara lain:

    1.Meditasi terpandu

    Meditasi terpandu adalah bentuk penyembuhan suara di mana Anda bermeditasi dengan instruksi suara, baik dalam sesi atau kelas, atau menggunakan video atau aplikasi. Meditasi dapat melibatkan melantunkan atau mengulang mantra atau doa.

    2.Metode Bonny

    Ini adalah sebuah metode yang dibuat oleh Helen L. Bonny, PhD. Metode ini melibatkan musik klasik dan gambar untuk membantu orang mengeksplorasi pertumbuhan, kesadaran, dan transformasi pribadi. Sebuah studi pada tahun 2017 menunjukkan  bahwa serangkaian sesi GIM dapat meningkatkan kesehatan psikologis dan fisiologis pada orang dewasa dengan kebutuhan kesehatan medis dan mental.

    3.Nordoff-Robbins

    Metode penyembuhan suara ini disampaikan oleh musisi-musisi terampil yaitu Paul Nordoff dan Clive Robbins. Terapi musik Nordoff–Robbins didasarkan pada keyakinan bahwa setiap orang dapat merespons musik, tidak peduli seberapa sakit atau cacatnya orang tersebut. 

    Pendekatan Nordoff-Robbins digunakan untuk merawat anak-anak dengan keterlambatan perkembangan (serta orang tua mereka), masalah kesehatan mental, kesulitan belajar, gangguan spektrum autisme, demensia, dan kondisi lainnya.

    Terapi garpu tala

    Terapi garpu tala menggunakan garpu tala logam yang dikalibrasi untuk menerapkan getaran spesifik ke berbagai bagian tubuh. Ini dapat membantu melepaskan ketegangan dan energi, dan meningkatkan keseimbangan emosional. Ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa terapi garpu tala dapat membantu meringankan nyeri otot dan tulang.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id