Beberapa Pemicu Terjadinya Mag

    Raka Lestari - 26 September 2020 08:04 WIB
    Beberapa Pemicu Terjadinya Mag
    Sakit mag merupakan ganguan pada lambung yang cukup sering dialami oleh banyak orang. (Ilustrasi/Pexels)



    Jakarta: Sakit mag merupakan ganguan pada lambung yang cukup sering dialami oleh banyak orang. Beberapa faktor bisa menjadi penyebab seseorang mengalami penyakit mag. Dan jika dibiarkan, penyakit ini bisa bertambah parah dan tentunya membahayakan kesehatan.

    “Sakit mag terjadi karena adanya masalah atau luka pada lapisan saluran pencernaan,” kata Dr Tara Menon, ahli gastroenterology di Ohio State University Wexner Medical Center. Luka bisa terbentuk di lambung dan usus halus.

     



    Gejala mag bisa berbeda-beda pada setiap individu, bahkan pada beberapa orang tidak mengalami gejala sama sekali.

    “Beberapa orang mungkin mengalami gejala yang lebih berat, seperti pendarahan atau nyeri perut yang parah dan tiba-tiba karena adanya penyumbatan atau lubang yang terjadi karena mag,” ujarnya.

    Dr Robert Lerrigo, ahli gastroenterologi di Santa Clara Valley Medical Center di California, mengatakan ada banyak penyebab sakit mag yang berbeda. Akan tetapi, yang paling umum diantaranya adalah:

    Infeksi H. pylori

    “Infeksi bakteri Helicobacter pylori, secara langsung dapat menyebabkan peradangan di lambung dan meningkatkan produksi asam,” kata Lerrigo. Sekitar 80-90 persen sakit mag disebabkan oleh infeksi bakteri ini.

    Obat anti-inflamasi non steroid

    Penggunaan obat anti-inflamasi nonsteroid yang sering atau berlebihan seperti aspirin, ibuprofen, dan naproxen dapat menyebabkan sakit mag. Karena obat yang dijual bebas ini karena dapat merusak lapisan lendir lambung, membuatnya rentan terhadap kerusakan akibat asam lambung.

    Tumor dan penyakit lainnya

    Meskipun jarang terjadi, tetapi tumor dapat meningkatkan produksi asam di lambung dan kanker lambung, dapat menyebabkan pengikisan di dalam perut yang menyebabkan terjadinya penyakit mag yang kronis.



    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id