Makanan untuk Menurunkan Kolesterol

    Sunnaholomi Halakrispen - 18 Februari 2020 13:30 WIB
    Makanan untuk Menurunkan Kolesterol
    Diet kaya buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, dan lemak baik, dapat membantu menurunkan apa yang disebut sebagai kolesterol jahat atau kolesterol LDL. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Beragam aktivitas yang membuat hari-hari menjadi sibuk, tak menyempatkan diri untuk memasak masakan yang rumit. Maka dari itu, tak sedikit orang yang mengandalkan kemudahan dengan memasak makanan olahan.

    Tapi ada sisi negatifnya. Makanan-makanan olahan sering kali tinggi lemak, garam, dan gula. Rendah nutrisi yang baik untuk Anda seperti kalsium, asam lemak omega-3, dan serat.

    Sementara itu, Anda dapat menerapkan diet yang lebih baik meskipun di tengah jadwal yang padat. Kuncinya, dilansir dari WebMD Anda berbelanja dengan cerdas dan menyimpan makanan yang berguna bagi kesehatan Anda.

    1. Turunkan Kolesterol

    Diet kaya buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, dan lemak baik, dapat membantu menurunkan apa yang disebut sebagai kolesterol jahat atau kolesterol LDL. Sebab, Anda memiliki peluang lebih besar terkena penyakit jantung ketika level LDL Anda terlalu tinggi.

    Jenis makanan tersebut juga bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah, meningkatkan kekebalan, melindungi dari serangan jantung, stroke, dan beberapa jenis kanker. 

    2. Makanan yang sebaiknya dibeli

    Fokuslah pada hal-hal ini ketika Anda berada di toko grosir, pasar, atau supermarket. Carilah buah dan sayuran berwarna, seperti berry, jeruk, apel, ubi, brokoli, bayam, dan paprika. 

    Buah-buahan dan sayuran tersebut secara alami bebas kolesterol dan rendah lemak. Buah-buahan dan sayuran adalah fondasi dari diet yang baik.

    Kemudian, biji-bijian utuh. Di antaranya, oat, quinoa, barley, dan gandum utuh, karena mengandung serat, karbohidrat kompleks, dan protein. Carilah roti, pasta, dan sereal yang dibuat dengan beragam biji-bijian.

    Anda harus menghindari biji-bijian tertentu, jika dokter Anda mengatakan Anda tidak bisa makan gluten atau Anda memiliki penyakit celiac, yang memengaruhi usus kecil Anda. Pastikan untuk membaca label untuk memastikan produk yang Anda beli juga rendah lemak, gula, dan natrium.

    Soal daging dan kacang-kacangan, pilih potongan dada ayam atau kalkun tanpa kulit. Potongan daging tanpa lemak, seperti daging sapi, sirloin, babi, atau tenderloin. Baca label untuk memastikan dagingnya setidaknya 92 persen bebas lemak.

    Selain itu, beli kacang yang kaya protein. Misalnya, kacang hitam, kedelai atau edamame, ginjal, atau garbanzo.

    Anda bisa menggunakan kacang-kacangan dan biji-bijian sebagai camilan atau sebagai hiasan di salad dan pasta. Saat Anda membeli selai kacang atau mentega almond alami, cari produk yang hanya mengandung kacang atau hanya kacang dan garam.

    Pemilihan susu juga perlu diperhatikan. Carilah produk susu yang rendah lemak, seperti yogurt, susu, dan keju. Kalsium juga bisa diperoleh dari mengonsumsi ikan kaleng seperti tuna, sarden, dan salmon.

    Jika Anda tidak toleran terhadap laktosa atau vegan, cobalah sereal dan jus yang diperkaya kalsium. Bisa juga dengan mengonsumsi sayuran hijau untuk mengisi celah kalsium.

    Makanan kaya Omega-3 juga baik untuk dikonsumsi lara pengidap kolesterol tinggi. Sebagian besar dari kita tidak mendapatkan cukup asam lemak baik ini dalam makanan kita.

    Anda bisa menemukan lemak ini pada ikan. Di antaranya, ikan air dingin seperti salmon, tuna, halibut, herring, dan mackerel. Anda juga dapat menemukan asam lemak omega-3 dalam kenari dan biji rami.



    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id