Manfaat Pala bagi Kesehatan

    Sunnaholomi Halakrispen - 28 September 2020 13:25 WIB
    Manfaat Pala bagi Kesehatan
    Pala (MI/PANCA SYURKANI)
    Jakarta: Pala (myristica fragrans) adalah salah satu bumbu yang bisa dengan mudah ditemukan di pasaran. Biasanya, bumbu ini digunakan dalam beragam olahan makanan, bahkan juga dijadikan campuran minuman hingga sajian kopi.

    Bumbu ini dihasilkan dengan menggiling biji pala yang berasal dari tumbuhan berbunga dari keluarga myristicaceae (kadang disebut keluarga pala), berasal dari Afrika, Asia, dan Kepulauan Pasifik. Bahan masakan ini memiliki rasa yang manis dan sering dipadukan dengan bumbu manis lainnya termasuk kayu manis, cengkeh, dan allspice. 

    Dikutip dari Very Well Fit, meskipun pala biasa digunakan dalam memasak dan memanggang, beberapa juga menggunakan bumbu atau minyak esensial untuk membuat pala menjadi lebih berguna. Selain digunakan sebagai bumbu penyedap dalam masakan Asia, Eropa, Timur Tengah, dan Afrika serta makanan panggang tradisional Amerika, pala memiliki sejarah penggunaan obat. 

    Pala memiliki kandungan antioksidan, antibakteri, antidiabetes, pereda nyeri, pelindung hati, dan pencegah kanker. Dalam satu porsi (sekitar 1 sendok teh atau 2,2 gram) pala bubuk, menyediakan sekitar 12 kalori, menurut data USDA. Kalori berasal dari karbohidrat (1,08 gram), protein (0,13 gram), dan lemak (0,8 gram).

    Pala juga menyediakan sejumlah kecil vitamin A, folat, kolin, dan vitamin C, tetapi tidak dalam jumlah yang akan memengaruhi asupan vitamin yang direkomendasikan harian Anda. Mineral dalam pala termasuk kalsium (3,7 mg), fosfor (4,3 mg), magnesium (3,7 mg), kalium (7,0 mg), dan sejumlah kecil natrium dan mangan.
     



    Sementara itu, pala bisa dibeli utuh atau ditumbuk. Bumbu giling biasanya ditemukan di hampir setiap toko bahan makanan. Jika Anda memilih untuk membeli biji pala utuh untuk digiling sendiri, Anda mungkin perlu mengunjungi pasar khusus atau membelinya secara online.

    Biji pala diketahui cepat kehilangan rasa. Oleh karena itu, beberapa koki memilih untuk membelinya secara utuh. Biji pala utuh tetap segar tanpa batas waktu, jadi Anda cukup menggiling apa yang Anda butuhkan dan menyimpan sisanya untuk nanti.

    Pala dapat digunakan untuk membumbui makanan yang dipanggang dengan manis seperti pai apel, biskuit, dan camilan lainnya. Tapi bumbu juga digunakan untuk membumbui daging atau sayuran bertepung.



    (YDH)
    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id