Tips Tangani Kesehatan Bayi saat Banjir

    Sunnaholomi Halakrispen - 03 Januari 2020 10:04 WIB
    Tips Tangani Kesehatan Bayi saat Banjir
    Kondisi bayi sangat perlu diperhatikan saat terjadinya banjir. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Kondisi bayi sangat perlu diperhatikan saat terjadinya banjir. Sebab, saat tidak banjir saja kondisi tubuh bayi sangat rentan terserang penyakit. Bayi pun sulit ditebak dan dipahami bagaimana perasaannya.

    Maka demikian, ketika terjadi banjir, lakukanlah pencegahan sebelum bayi Anda terserang penyakit. Hal ini disampaikan Dr. Robert Soetandio, Sp.A, M.Si.Med selaku dokter yang bertugas di Rumah Sakit Pondok Indah-Bintaro Jaya dan Rumah Sakit Awal Bros Kebon Nanas.

    "Pertama, hindari kontak dengan air banjir. Kedua, gunakan air bersih untuk membersihkan badan dan memasak. Ketiga, memasak makanan sampai masak dengan peralatan dapur dan air yang bersih," ujar Dr. Robert kepada Medcom.id

    Kemudian, jagalah stamina tubuh bayi Anda dengan meningkatkan daya tahan tubuhnya. Cara ini dapat membuat anak tidak mudah tertular ISPA atau infeksi saluran pernapasan akut. 

    "Kemudian, menjaga pola makan sehat dan bersih, mengatur pola tidur dan biasakan anak-anak untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung vitamin C," paparnya.

    Dokter yang juga bertugas di Rumah Sakit Awal Bros itu memaparkan, cucilah tangan dan kaki bayi dengan sabun. Sebaiknya, tindakan membersihkan tubuh bayi ini giat dilakukan saat dan setelah bayi Anda beraktivitas.

    Langkah ketujuh, pakaikan alat pengaman diri untuk bayi Anda. Jika memungkinkan, berikan sarung tangan dan sepatu boot saat ada genangan air banjir, supaya kulit bayi terhindar dari aliran air kotor itu.

    Apabila kulit bayi Anda terlanjut terkena air banjir atau terluka, segera bersihkan dengan dengan air mengalir dan berikan antiseptik pada luka. Dr. Robert menekankan, orang tua harus melakukan upaya pencegahan dengan membersihkan sarang vektor penyakit, seperti sarang tikus, nyamuk, dan genangan air. 

    "Pencegahan selanjutnya, sebelum hujan datang, biasakan mengubur barang-barang yang dapat menampung air seperti kaleng bekas, jaga selalu kesehatan dan bersihkan rumah saat banjir surut," pungkasnya.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id