Beberapa Alasan Mengapa Seseorang Mendengkur

    Kumara Anggita - 28 Agustus 2019 11:12 WIB
    Beberapa Alasan Mengapa Seseorang Mendengkur
    Ilustrasi-(Foto: Pixabay.com)
    Ada beberapa faktor yang menyebabkan sesorang mendengkur saat tidur. Salah satunya yaitu meminum minuman beralkohol.


    Jakarta: Mendengkur tidak akan jadi masalah bila seseorang tidur sendiri, namun ketika orang tersebut satu ruangan dengan Anda, mungkin ini akan menjengkelkan dan menganggu tidur Anda.

    Sayangnya, mereka tidak memilih kondisi ini, karena itu berilah sedikit pengertian pada mereka mengingat ada beberapa alasan aneh yang tak dapat diubah di balik mendengkur.

    Berikut beberapa alasan mengapa seseorang mendengkur yang dilansir dari huffpost.

    Minum alkohol

    Walaupun minum alkohol bisa bikin rileks namun dampaknya pada tidur kurang menguntungkan. Menurut seorang dokter penyakit dalam dan paru-paru, Jagdeep Bijwadia, alkohol melemaskan otot-otot jalan napas Anda, yang dapat menyebabkan mendengkur berlebihan, bahkan jika Anda bukanlah seorang pendenkur.

    Posisi tidur terlentang

    Menurut seorang spesialis obat tidur, Marcella M. Frank, tidur terlentang dapat membuat Anda mendengkur. "Ketika seseorang tidur telentang, ada kecenderungan alami bagi rahang dan lidah untuk jatuh ke belakang tenggorokan," Frank menjelaskan.

     “Tidur menyamping membantu mengurangi dengkuran, dan bagi mereka yang menderita gangguan tidur yang lebih serius seperti sleep apnea, ini dapat membantu meringankan beberapa gejala itu juga. Ini dapat meningkatkan asupan oksigen malam hari Anda dan melindungi jalan napas dari keruntuhan," tambah Bijwadia.

    Anda Gemuk

    Kelebihan berat badan dapat menyebabkan tonus otot yang buruk dan peningkatan jumlah jaringan di sekitar tenggorokan dan leher. Kedua hal ini dapat mengkatalisasi kondisi mendengkur. Bijwadia menganjurkan orang yang mendengkur untuk aktiv dan mempertahankan berat badan anda pada angka yang ideal.

    Menua

    Frank menjelaskan bahwa mendengkur terjadi sering seseorang bertambah tua. Anda bisa mengakalinya dengan Latihan seperti menyanyi.

    Bentuk mulut

    Setiap orang memiliki bentuk mulut yang berbeda misalnya ada yang  memiliki langit-langit mulut yang lebih rendah, lebih tebal atau lebih lembut yang dapat mempersempit saluran udara Anda dan mendengkur.

    Anda laki-laki

    Penelitian menunjukkan bahwa perbedaan fisik antara gender dapat menjadi alasan seseorang mendengkur.  Pria memiliki saluran udara yang lebih sempit yang dapat memperburuk masalah ini. Selain itu, pria secara statistik minum lebih banyak alkohol daripada perempuan, yang dapat menyebabkan mendengkur yang disebabkan oleh peradangan.

    Itulah alasan mengapa seseorang mendngkur, jangan mudah kesal. Bantu mereka kalau perlu.
     





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id