Mengapa Minum Kopi Membuat Anda BAB?

    Timi Trieska Dara - 20 Agustus 2019 13:00 WIB
    Mengapa Minum Kopi Membuat Anda BAB?
    Apakah ada cara untuk berhenti BAB setiap kali Anda minum kopi? Simak informasinya berikut ini. (Foto: Pexels.com)
    Ahli gastroenterologi menjelaskan mengapa Anda selalu lari ke kamar mandi setelah cangkir pagi Anda. Kyle Staller, M.D., seorang gastroenterolog di Rumah Sakit Umum Massachusetts mengatakan kopi dapat mendatangkan malapetaka pada usus Anda jika Anda menderita kondisi yang menyebabkan diare, seperti sindrom iritasi usus besar (IBS-D).


    Jakarta: Kebanyakan orang mengalami ini, Anda minum secangkir kopi di pagi hari dan dalam beberapa menit, Anda berlari ke kamar mandi--bukan untuk buang air kecil.

    Suka atau tidak, kotoran kopi adalah sesuatu, dan meskipun mereka jelas bukan topik pembicaraan yang paling hangat, Anda harus mengakui: Anda penasaran mengapa kopi membuat Anda harus buang air besar secepat mungkin.

    Sayangnya, tidak ada jawaban yang kuat mengapa kopi membuat Anda buang air besar-tetapi ada beberapa teori tentang koneksi kopi dan BAB. "Kami tidak tahu mekanisme sepenuhnya, dan hanya ada beberapa studi yang melihat ini," kata Kyle Staller, M.D., seorang gastroenterolog di Rumah Sakit Umum Massachusetts.

    Pertama

    Jika Anda mengira minuman manis, kafein manis Anda masuk dalam jadwal buang air besar, pikirkan lagi. Staller menunjuk ke sebuah penelitian lama dari tahun 1990 dalam jurnal Gut, bahwa efek kafein tidak terbukti pada usus Anda ketika ditemukan bahwa kopi berkafein dan kopi tanpa kafein menyebabkan sprint kamar mandi yang sama.

    "Itu tidak 100 persen mengejutkan," kata Dr Staller, "karena orang yang minum (soda berkafein) favorit mereka tidak memiliki tingkat pergerakan kolon yang sama sesudahnya."

    Juga bukan faktor: Kehangatan kopi

    Anda tidak memiliki keinginan yang sama untuk pergi setelah menyeruput teh atau sup, kata Dr Staller. Hal yang sama berlaku untuk keasaman kopi, kata Ashkan Farhadi, MD, seorang ahli pencernaan di MemorialCare Orange Coast Medical Center dan Direktur Penyakit Pencernaan Grup Memorial MedicalCare di Fountain Valley, California mengatakan Anda tidak memiliki efek yang sama setelah meminum sesuatu seperti jus jeruk.

    Mengapa Minum Kopi Membuat Anda BAB?
    (Jika BAB setelah minum kopi benar-benar membuat Anda kesal, Anda dapat mencoba menemukan batas minum kopi, karena ini sangat individual. Foto: Pexels.com)

    Jadi, mengapa kopi selalu membuat Anda harus BAB?

    "Tampaknya, ada sesuatu tentang kopi secara keseluruhan yang dengan cepat merangsang reseptor dalam sistem pencernaan Anda yang menyebabkan perut dan usus besar berkontraksi," kata Dr. Staller.

    Kontraksi-kontraksi itu terjadi di tubuh Anda secara normal setelah Anda makan itu disebut peristaltik, menurut Perpustakaan Kedokteran Nasional Amerika Serikat, dan itu adalah proses kontraksi otot seperti gelombang yang memindahkan makanan ke stasiun pemrosesan berbeda di saluran pencernaan.

    Dengan kopi, kontraksi ini sepertinya terjadi jauh lebih cepat. "Sepertinya itu terjadi segera setelah empat menit Anda minum kopi," kata Dr Staller. "Tidak mungkin kopi itu sendiri yang sampai ke usus Anda pada waktu itu."

    Berita buruknya? Itu berarti kopi dapat mendatangkan malapetaka pada usus Anda jika Anda menderita kondisi yang menyebabkan diare, seperti sindrom iritasi usus besar (IBS-D).

    Tetapi ada sisi positifnya: Jika Anda berjuang melawan sembelit, kebiasaan minum kopi sebenarnya bisa membantu. Bahkan, Dr Staller meresepkan minum obat di pagi hari dengan sarapan dan kopi.

    "Itu trik yang kadang-kadang kita gunakan," katanya. "Anda kemungkinan besar akan buang air besar ketika bangun tidur (karena usus besar Anda bangun), setelah Anda makan, dan ketika Anda minum kopi. Menyinkronkan ketiga hal itu memberi Anda peluang terbaik untuk menyelesaikan masalah."

    Oke, tetapi apakah ada cara untuk berhenti BAB setiap kali Anda minum kopi?

    Um, tidak juga, kata Dr Farhadi. Karena makan makanan juga merangsang usus Anda, kecil kemungkinannya bahwa minum kopi dengan makanan akan membuat perbedaan besar, jika ada. Hal yang sama tampaknya berlaku untuk mengencerkan kopi, seperti dengan susu dalam latte, kata Dr Staller.

    Tetapi ada satu yang dapat Anda lakukan: Jika BAB setelah minum kopi benar-benar membuat Anda kesal, Anda dapat mencoba menemukan batas Anda dengan menskalakan kembali kopi sampai Anda menemukan jumlah yang tidak membuat Anda harus langsung menuju ke kamar mandi . "Ini benar-benar individual," kata Dr Farhadi.

    Namun secara keseluruhan, Dr Farhadi merekomendasikan untuk memantau minum kopi Anda yang tepat waktu sebagai hal yang baik.

    "Ini bisa membantu Anda tetap teratur," katanya. "Itu adalah aspek positif yang sangat besar dari minum kopi." Dan jujur, jadwal buang air besar yang teratur terdengar seperti alasan yang cukup untuk meraih secangkir lagi.





    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id