Covid-19 Picu Terjadinya Ruptur Jantung Pasien di AS

    Raka Lestari - 20 Mei 2020 11:16 WIB
    Covid-19 Picu Terjadinya Ruptur Jantung Pasien di AS
    Ilustrasi-Pexels
    Jakarta: Seorang wanita berusia 57 tahun, bernama Patricia Dowd dari San Jose, California meninggal di rumahnya pada 6 Februari lalu. Ia mengalami gejala mirip flu, seperti dilansir dari The Mercury News.

    Baru-baru ini, investigasi terhadap kasus tersebut menemukan bahwa Dowd mengalami infeksi covid-19.

    Kematian Dowd pada awalnya dikarenakan serangan jantung. Akan tetapi sebuah otopsi menunjukkan bahwa virus korona sudah menyebar di otot jantung milik Dowd dan covid-19 ini menyebabkan katup yang ada di jantungnya pecah.

    “Sistem kekebalan tubuhnya menyerang virus tersebut dan ketika menyerang virus, sistem kekebalan tubuhnya merusak jantung dan pada dasarnya menyebabkan serangan jantung,” ujar Dr Judy Melinek, seorang ahli patologi forensik kepada The Mercury News.

    Menurut Dr Melinek, jenis ruptur jantung atau serangan jantung ini biasanya terjadi pada seseorang yang memiliki tingkat kolesterol yang tinggi, atau memiliki otot jantung yang tidak normal.

    “Akan tetapi pada kasus Dowd, ini sangat tidak biasa karena ukuran dan berat jantungnya normal dan kondisinya pun norma,” kata Dr. Melinek.

    “Ada sesuatu yang aneh mengenai fakta bahwa kondisi jantung yang normal bisa mengalami serangan jantung. Kondisi jantung yang normal biasanya tidak menyebabkan serangan jantung ketika dia terkena covid-19,” sambungnya.

    Dikutip dari Live Science, studi sebelumnya menemukan bahwa ada koneksi antara covid-19 dengan kondisi jantung penderitanya. Pada sebuah studi kecil yang dilakukan di Tiongkok menemukan bahwa lebih dari 1 dari 5 pasien covid-19 mengalami kerusakan jantung akibat dari infeksi covid-19.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id