Chia Seed Efektif untuk Menurunkan Berat Badan?

    Sunnaholomi Halakrispen - 17 Mei 2020 11:00 WIB
    Chia Seed Efektif untuk Menurunkan Berat Badan?
    Apakah benar chia seed bisa menurunkan berat badan? Simak informasi selengkapnya. (Foto: Pexels.com)
    Jakarta: Chia seed adalah biji tanaman berbunga Salvia hispanica, yang merupakan anggota keluarga mint. Dalam beberapa tahun terakhir, biji ini telah menjadi makanan super yang telah populer. Bahkan, beberapa orang mengklaim biji ini efektif dalam menurunkan berat badan. 

    Dilansir dari Medical News Today, diuraikan secara sains tentang bagaimana di balik klaim tersebut. Biji chia kaya serat 9,75 gram per 1 ons. Biji ini juga mengandung 4,69 gram protein per sajian.

    Baik serat dan protein untuk sementara waktu dapat menekan nafsu makan dengan membuat seseorang merasa kenyang lebih lama. Selain itu, setiap porsi biji chia hanya mengandung 138 kalori, menjadikannya camilan padat kalori dan rendah gizi.

    Para ilmuwan pun memelajari manfaat penurunan berat badan yang potensial dari biji chia. Beberapa penelitian ini menunjukkan hasil yang menjanjikan, tetapi datanya jauh dari meyakinkan.

    Salah satunya, sebuah penelitian kecil tahun 2014 membandingkan penurunan berat badan pada orang yang mengonsumsi 35 gram biji chia sehari dengan orang yang mengonsumsi plasebo. Sebanyak 26 peserta ambil bagian dalam penelitian ini.

    Tidak ada perbedaan penurunan berat badan antara kedua kelompok setelah 12 minggu. Namun, para peneliti mencatat penurunan berat badan yang signifikan di antara mereka yang berada di kelompok chia.

    Chia Seed Efektif untuk Menurunkan Berat Badan?
    (Campurkan chia seed dengan berbagai buah-buahan segar. Bisa juga untuk berbuka puasa. Foto: Pexels.com)

    Para peserta yang memiliki obesitas pada awal studi kehilangan lebih banyak berat badan daripada mereka yang kurang gemuk pada awalnya.

    Selain itu, orang-orang dalam kelompok chia yang memiliki kadar kolesterol abnormal pada awal penelitian menunjukkan tingkat peningkatan yang signifikan pada akhirnya.

    Chia seed menyebabkan penurunan kolesterol keseluruhan dan peningkatan kolesterol lipoprotein (baik) kepadatan tinggi.

    Studi lain menyelidiki apakah biji chia meningkatkan berat badan pada orang dengan diabetes tipe 2. Penelitian ini melibatkan 77 peserta yang kelebihan berat badan atau obesitas.

    Semua peserta mengikuti diet terbatas kalori selama enam bulan. Satu kelompok makan Salba Chia setiap hari, sementara kelompok lain makan makanan kontrol berbasis dedak. Para peserta yang tidak mengkonsumsi chia rata-rata kehilangan 0,3 kilogram atau 0,66 pon. 

    Mereka yang makan chia kehilangan rata-rata 1,9 kilogram atau 4,19 pon. Kelompok chia juga menunjukkan penurunan rata-rata yang signifikan pada lingkar pinggang mereka dibandingkan dengan kelompok kontrol. Temuan ini menunjukkan bahwa biji chia tidak mungkin menyebabkan penurunan berat badan yang signifikan sendiri. 

    Biji ini mungkin mempromosikan penurunan berat badan pada orang yang makan diet rendah kalori, meskipun bukti untuk klaim ini tidak meyakinkan.

    Lebih lanjut, dibutuhkan penelitian yang lebih luas dan dirancang lebih baik untuk menguji efek biji chia terhadap penurunan berat badan dan kesehatan secara keseluruhan. Jangan lupakan untuk berolahraga agar lemak Anda juga bisa terbakar. Kombinasikan dengan gaya hidup sehat.



    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id