5 Manfaat Berenang untuk Kesehatan

    Raka Lestari - 31 Juli 2020 10:09 WIB
    5 Manfaat Berenang untuk Kesehatan
    Berenang punya banyak manfaat. Dari sisi psikologis Anda hingga fisik. (Foto: Pexels.com)
    Jakarta: Selain menjadi salah satu olahraga yang menyenangkan, berenang juga punya berbagai manfaat. Dalam satu studi disebutkan bahwa berenang juga diklaim dapat membantu mereka yang memiliki masalah kesehatan mental. 

    Bahkan di Inggris berenang jadi salah satu cara alternatif untuk mengurangi masalah kesehatan mental. Studi di Inggris tersebut menyebutkan satu dari empat orang mengalami masalah kesehatan mental setiap tahun.

    Dan lebih dari 400 ribu dari 3,3 juta dengan gangguan kecemasan telah mengurangi pengobatan untuk mengelola kondisi mereka dengan cara berenang secara teratur.

    Stacy Lu dalam Insider menerangkan bahwa berenang juga jadi salah satu olahraga aerobik yang dapat mengurangi risiko penyakit kronis seperti tekanan darah tinggi dan diabetes.

    Selain itu, berenang juga menawarkan manfaat dari olahraga yang berbeda dari olahraga lainnya. Berikut ini adalah manfaat lainnya:

    1. Olahraga yang menggerakkan seluruh tubuh

    “Anda menggunakan sebagian besar dari bagian atas dan bawah tubuh ketika sedang berenang,” kata Brian Wright, profesor kinesiologi di Universitas DePauw. Dengan berenang juga dapat memberikan manfaat olahraga secara keseluruhan.

    2. Membakar kalori

    Menggerakkan semua otot itu membutuhkan banyak energi dan itu dapat menyebabkan pembakaran kalori sebagai gantinya.

    Semakin kuat latihan, semakin banyak kalori yang terbakar. “Banyaknya kalori yang terbakar, tergantung dari kemampuan Anda berenang itu sendiri,” kata Lori Sherlock, profesor fisiologi olahraga di West Virginia University.

    3. Meningkatkan kesehatan jantung

    American Heart Association menyarankan untuk melakukan aktivitas fisik dengan intensitas sedang selama 2,5 jam setiap minggu. Dan berenang dapat memberikan manfaat yang sama seperti berolahraga di daratan seperti bersepeda, berjalan kaki atau kelas menari. 

    Faktor lain adalah tekanan hidrostatik, yang merupakan gaya yang diberikan air terhadap suatu benda. Tekanan pada air ini mendorong darah ke jantung dan meningkatkan sirkulasi.

    4. Dapat mengurangi stres

    Aktivitas fisik rutin, termasuk berenang berkaitan dengan penurunan stres psikologis dan dapat meningkatkan mood. “Banyak orang yang mengatakan bahwa tekanan pada air ketika berenang membuat rileks, memiliki efek yang sama seperti ketika sedang berpelukan,” kata Sherlock.

    5. Baik untuk penderita asma

    Berenang juga merupakan pilihan yang aman untuk penderita asma. “Orang-orang cenderung memiliki risiko lebih rendah untuk mendapatkan serangan asma ketika berenang dibandingkan ketika melakukan aktivitas luar ruangan seperti bersepeda atau hiking,” kata Wright. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa berenang dapat meningkatkan fungsi paru-paru, terutama pada anak-anak.

    (TIN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id