Apakah Hand Sanitizer Aman Buat Anak Kecil?

    Kumara Anggita - 18 Maret 2020 13:00 WIB
    Apakah <i>Hand Sanitizer</i> Aman Buat Anak Kecil?
    (Foto: Ilustrasi. Dok. Unsplash.com)
    Jakarta: Hand sanitizer adalah salah satu produk yang sering digunakan orang yang mau praktis atau terdesak dalam memerangi penyebaran virus korona baru atau covid-19. Namun, mengingat produk ini mengandung bahan kimia, apakah ama digunakan oleh anak kecil?

    Berikut penjelasannya yang dilansir dari Parents.

    Bayi memiliki kulit tipis dan lembut, sehingga kemungkinan penyerapan hand sanitizer tinggi. "Orang tua perlu diingat bahwa pembersih tangan mengandung alkohol," kata Debra M. Langlois, M.D., asisten profesor pediatri di University of Michigan. 

    Selain itu, ia mencatat bahwa anak-anak kecil mungkin secara tidak sengaja menelan pembersih tangan, atau meletakkan tangan mereka di mulut mereka sebelum produk sepenuhnya digosokkan.

    “Menelan pembersih tangan dapat menyebabkan keracunan alkohol, yang merupakan keadaan darurat yang memerlukan perhatian medis segera. Gejalanya termasuk kebingungan, muntah, pernapasan lambat, kejang, dan koma, "katanya.

    Kabar baiknya adalah bahwa jarang ada efek samping dari paparan hand sanitizer pada anak di bawah 6 tahun, menurut American Association of Poison Control Center. Namun, agar aman, Dr. Langlois mengatakan orang tua harus menyimpan pembersih tangan di luar jangkauan anak-anak dan selalu memantau penggunaannya.

    Ketika Anda ingin membuang kuman, tidak ada yang lebih baik dari mencuci tangan Anda dengan sabun dan air selama setidaknya 20 detik, kata Christine Schindler, CEO dan pendiri PathSpot. Karena itu, lebih baik Anda cuci tangan anak Anda saja daripada harus memberikannya hand sanitizer.

    Selain mencuci tangan dengan ini, jangan lupa pula untuk meminta anak Anda agar tidak memegang area mata, hidung, dan mulut. Jangan lupa pula untuk menghindari tempat-tempat yang banyak orangnya agar risiko penularan semakin kecil.

    Tetap tenang dan jaga daya tahan tubuh Anda!





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id