Waspada Obesitas, Kenali Gejala dan Penyebabnya

    Sunnaholomi Halakrispen - 18 September 2020 14:03 WIB
    Waspada Obesitas, Kenali Gejala dan Penyebabnya
    Ada banyak alasan mengapa sebagian orang sulit menghindari obesitas. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Obesitas merupakan kondisi angka berat badan yang tinggi, melebihi batas normal. Ada banyak alasan mengapa sebagian orang sulit menghindari obesitas. 

    Dikutip dari Mayo Clinic, biasanya obesitas diakibatkan oleh kombinasi faktor-faktor yang diturunkan. Hal tersebut dikombinasikan dengan lingkungan dan pola makan pribadi serta pilihan olahraga.

    Kabar baiknya, penurunan berat badan yang sedikit pun dapat memperbaiki atau mencegah masalah kesehatan yang terkait dengan obesitas. Perubahan pola makan, peningkatan aktivitas fisik, dan perubahan perilaku dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

    Obesitas didiagnosis ketika indeks massa tubuh (BMI) Anda 30 atau lebih tinggi. Untuk menentukan indeks massa tubuh Anda, bagi berat badan Anda dalam pound dengan tinggi badan Anda dalam inchi dan kalikan dengan 703. Dengan kata lain, bagi berat badan Anda dalam kilogram dengan tinggi badan Anda dalam meter kuadrat.

    Bagi kebanyakan orang, BMI memberikan perkiraan yang wajar untuk lemak tubuh. Namun, BMI tidak mengukur lemak tubuh secara langsung, sehingga sebagian orang seperti atlet berotot mungkin saja memiliki BMI pada kategori obesitas meski tidak memiliki lemak tubuh berlebih.

    Pada beberapa orang, obesitas dapat dilacak ke penyebab medis, seperti sindrom Prader-Willi, sindrom Cushing, dan kondisi lainnya. Masalah medis, seperti artritis, juga dapat menyebabkan penurunan aktivitas yang dapat menyebabkan penambahan berat badan.

    Selain itu, beberapa obat dapat menyebabkan penambahan berat badan, jika Anda tidak mengimbanginya melalui diet atau aktivitas. Obat-obatan tersebut, termasuk beberapa antidepresan, obat anti kejang, obat diabetes, obat antipsikotik, steroid dan beta blocker.

    Jika Anda khawatir tentang masalah kesehatan terkait berat badan, tanyakan kepada dokter tentang manajemen obesitas. Anda dan dokter itu dapat mengevaluasi risiko kesehatan Anda dan mendiskusikan opsi penurunan berat badan Anda.

    Terdapat pilihan tambahan untuk mengobati obesitas. Di antaranya, obat yang diresepkan dan prosedur penurunan berat badan yang diberikan oleh dokter yang bersangkutan.



    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id