Ini Gejala Penyakit Jantung yang Sering Tidak Disadari

    Medcom - 18 Februari 2020 12:24 WIB
    Ini Gejala Penyakit Jantung yang Sering Tidak Disadari
    Pada orang-orang dengan penyakit jantung, sesak napas terjadi karena jantung berjuang untuk mendapatkan oksigen yang dibutuhkannya ke seluruh tubuh.(Ilustrasi/Medcom.id)
    Jakarta: Ashraf Daniel Bin Mohamed Sinclair meninggal dunia pada Selasa, 18 Februari 2020 pukul 04.51 WIB. Almarhum meninggal pada usia 40 tahun. Ashraf Sinclair meninggal karena penyakit jantung.

    Seperti dilansir dari Women's Health ada 5 gejala penyakit jantung yang seringkali tidak disadari.
     
    1. Sesak napas
     
    Terkadang, sesak napas adalah pertanda bahwa Anda perlu berolahraga atau menggunakan obat alergi. Di lain waktu, juga bisa jadi pertanda penyakit jantung, kata Steinbaum.
     
    Pada orang-orang dengan penyakit jantung, sesak napas terjadi karena jantung berjuang untuk mendapatkan oksigen yang dibutuhkannya ke seluruh tubuh.
     
    2. Nyeri dada
     

    Seiring dengan sesak napas, nyeri dada atau ketidaknyamanan, juga dikenal sebagai angina, adalah salah satu gejala penyakit jantung yang paling umum.
     
    Mungkin terasa seperti sensasi meremas atau tekanan di atas dada. Jika Anda mengalami hal ini, Anda harus langsung menuju ke dokter atau bahkan ke ruang gawat darurat.
     
    3. Rasa sakit pada tubuh
     

    Beberapa wanita yang memiliki  penyakit jantung sama sekali tidak mengalami rasa sakit di dada mereka. Sebaliknya, mereka mengalami rasa sakit di perut mereka. Yang lain merasakannya di rahang atau bahkan leher mereka, kata Steinbaum.
     
    4. Mati rasa pada lengan dan kaki
     

    Mati rasa pada lengan dan kaki menunjukkan bahwa lengan dan kaki Anda tidak mendapatkan aliran darah dan oksigen yang dibutuhkan, kata Steinbaum. Seiring waktu, kekurangan aliran darah bisa mengakibatkan kerusakan syaraf, dan efek kerusakan syaraf bisa berdampak secara luas.
     
    5. Palpitasi jantung
     

    Palpitasi jantung atau aritmia adalah suatu keadaan dimana jantung Anda berdetak terlalu cepat atau tidak teratur, kata Steinbaum. Pada orang dengan penyakit jantung, palpitasi dapat menunjukkan masalah pada katup jantung atau bahkan sistem kelistrikannya. Namun, palpitasi tidak selalu merupakan gejala penyakit jantung.
     
    "Aku sering mendengar orang mengatakan bahwa mereka mengalaminya sebelum mereka tidur, dan hal tersebut biasanya tidak bertahan lama. Itu biasanya karena minum terlalu banyak kafein atau anggur, mengalami dehidrasi, atau bahkan stres," katanya.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id