Saran Diet yang Menurut Ahli Nutrisi Tidak Tepat

    Raka Lestari - 27 Juni 2020 14:03 WIB
    Saran Diet yang Menurut Ahli Nutrisi Tidak Tepat
    Menurunkan berat badan dengan membatasi kalori justru dapat membuat kenaikan berat badan di kemudian hari karena perasaan lapar tersebut. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Memiliki pengetahuan yang cukup ketika melakukan diet merupakan hal yang penting. Namun, ada banyak sekali saran mengenai diet yang menurut para ahli nutrisi tidak sepenuhnya benar. Melakukan saran diet yang tidak tepat tersebut, justru bisa memberikan dampak negatif pada tubuh Anda.

    Dan berikut ini adalah beberapa saran diet yang tidak tepat menurut para ahli, seperti dilansir Thehealthy.

    Semakin sedikit kalori, semakin baik

    “Banyak orang yang menyebutkan bahwa diet rendah kalori merupakan cara yang terbaik untuk menurunkan berat badan,” kata Samantha Heller, ahli nutirisi klini senior di NYU Langone Medical Center.

    Padahal, menurunkan berat badan dengan membatasi kalori justru dapat membuat kenaikan berat badan di kemudian hari karena perasaan lapar tersebut.

    Menghilangkan asupan karbohidrat atau lemak

    “Ketika Anda menghilangkan asupan lemak atau karbohidrat, Anda justru dapat mengonsumsi makanan lain secara berlebihan,” ujar Kristin Kirkpatrick, dari Cleveland Clinic Wellness Institute.

    “Jika Anda melakukan diet yang sangat rendah lemak, Anda mungkin akan makan terlalu banyak karbohidrat. Ini dapat merangsang insulin, yang merupakan hormon penyimpan lemak sehingga sulit menurunkan berat badan.” Dan jika Anda menghilangkan asupan karbohidrat, Anda akan merasa lemas atau sembelit.

    Mengonsumsi minyak kelapa dapat menurunkan berat badan

    “Banyak orang yang mengonsumsi satu sendok makan minyak kelapa setiap harinya, dapat membantu untuk menurunkan berat badan,” kata Heller. “Padahal, minyak kelapa adalah jenis lemak jenuh. Dan dengan mengonsumsi minyak kelapa dapat menimbulkan efek seperti mengonsumsi lemak jenuh lainnya.”

    Mengganti makanan dengan jus untuk menurunkan berat badan 

    Jus kemungkinan dapat mengandung gula tambahan yang dapat menyebabkan Anda merasa lapar, sehingga dapat menyebabkan makan secara berlebihan. “Jus merupakan salah satu makanan yang tidak bermanfaat. Tidak memiliki manfaat, hanya tinggi kandungan gula dan lebih baik mengonsumsi makanan dalam bentuk utuh,” ujar Kirkpatrick.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id