5 Makanan yang Dapat Menurunkan Kolesterol Secara Alami

    Raka Lestari - 13 Juli 2020 12:00 WIB
    5 Makanan yang Dapat Menurunkan Kolesterol Secara Alami
    Tahu termasuk yang bisa menurunkan kolesterol secara alami. (Foto: Pexels.com)
    Jakarta: Kolesterol yang berlebihan dapat memengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan dan dapat menyebabkan berbagai macam penyakit.

    Kolesterol yang berlebihan sangat berbahaya, tetapi terkadang tidak ada tanda khusus jika seseorang mengalami kolesterol tinggi. Hal ini menyebabkan banyak orang mengalami kolesteol tinggi tanpa menyadarinya.

    Dan untuk menurunkannya secara alami, berikut ini adalah beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi:

    1. Kacang-kacangan 

    “Kacang-kacangan memiliki asam lemak tak jenuh tunggal dan asam lemak tak jenuh ganda yang cukup tinggi, yang sudah terbukti dapat mengurangi kolestrol berbahaya (LDL) dalam aliran darah,” kata ahli diet olahraga bersertifikat Jennifer O'Donell-Giles. 

    “Asam lemak tak jenuh tunggal juga berfungsi sebagai antiinflamasi dan dapat mengurangi sejauh mana kolesterol menempel pada dinding arteri yang menyebabkan penyumbatan aliran darah.”

    2. Quinoa

    Ketika memilih karbohidrat untuk menjadi bahan bakar tubuh Anda, pastikan memilih karbohidrat sehat seperti quinoa yang kaya akan kandungan nutrisi.

    “Biji-bijian utuh sangat tinggi akan kandungan serat, terutama serat larut yang dapat berfungsi sebagai spons yang menyerap kolesterol di dalam aliran darah dan membawanya keluar dari tubuh. Dengan begitu, dapat memainkan peran penting dalam mengurangi kolesterol dalam darah,” kata O’Donell-Giles.

    3. Apel 

    Menurut sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2020 dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa dari 40 partisipan yang diteliti, partisipan yang mengonsumsi dua buah apel setiap harinya selama dua bulan memiliki penurunan risiko penyakit kardiovaskular termasuk mengurangi kolestrol LDL dalam tubuh.

    4. Tahu 

    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi protein nabati yang tinggi seperti tahu, lentil dan biji-bijian dapat mengurangi kolestrol LDL dalam tubuh. “Semakin banyak protein nabati yang dikonsumsi, semakin tinggi asupan serat yang pada akhirnya dapat menurunkan tingkat kolesterol dalam tubuh,” kata O’Donell-Giles.

    5. Oat

    Salah satu alasan mengapa oat dapat menurunkan kolesterol adalah karena kandungan beta-glukan yang tinggi. “Beta-glukan adalah suatu bentuk serat larut yang menyerap LDL dan menurunkannya dari tubuh, sekaligus menurunkan produksi trigliserida,” kata O'Donell-Giles.

    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id