Manfaat Astaxanthin dalam Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

    Raka Lestari - 03 Juni 2020 15:30 WIB
    Manfaat Astaxanthin dalam Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
    Kandungan Astaxanthin secara alami bisa diperoleh dari salmon, crawfish, dan juga telur. (Foto: Pexels)
    Jakarta: Memiliki daya tahan tubuh yang kuat sangatlah penting untuk menghindar dari berbagai penyakit. Terutama di masa pandemi covid-19 seperti saat ini.

    Selain itu, mengonsumsi makanan yang bergizi sangatlah diperlukan karena makanan memiliki peran yang cukup besar dalam menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Untuk lebih optimal, bisa ditambahkan dengan vitamin atau suplemen tambahan.

    “Pada kondisi seperti ini yang terpenting adalah antioksidan. Ini penting sekali karena proses di dalam tubuh, seperti makanan dan segala macam, akan terbentuk oksidan-oksidan. Jadi, antioksidan adalah salah satu yang meningkatkan sistem imun,” ujar Prof. Dr. dr. Iris Rengganis, SpPD, KAI, dokter spesialis alergi – imunologi, dalam acara diskusi online bersama ASTHIN, Rabu, 3 Juni 2020.

    Menurut Prof. Iris, antioksidan ada di Vitamin A, C, dan E. Kalau ada yang sejenis itu yang bisa kita konsumsi, itu lebih bagus lagi.

    "Salah satunya adalah astaxanthin. Ini bisa dijadikan suplementasi untuk kecukupan antioksidan dalam tubuh kita,” ujarnya.

    Prof. Iris mengatakan bahwa bukan hanya pada saat covid-19, tetapi sehari-hari pun tubuh kita butuh antioksidan. Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia tersebut menjelaskan cara kerja antioksidan, adalah menetralisir molekul radikal bebas di dalam tubuh.

    Artinya, antioksidan adalah suatu substansi yang dapat menetralisir atau menghancurkan radikal bebas (zat-zat yang dapat menimbulkan racun di dalam tubuh). Dengan antioksidan, radikal bebas dapat ditangkal. Sehingga tubuh kita juga dapat menangkal peradangan, antara lain radang sendi.

    "Kalau kita tidak yakin dengan kecukupan mengonsumsi buah dan sayur, kita bisa menambahnya dengan mengonsumsi suplemen. Contohnya, suplemen yang mengandung Astaxhantin yang memang sangat khas mengandung antioksidan. Namun, bagi orang yang sudah yakin dengan konsumsi buah dan sayur, ya sudah, tidak apa-apa jika tidak melengkapinya dengan suplemen," lanjut Prof Iris.

    Astaxhantin sendiri bisa ditemukan dalam tumbuh-tumbuhan seperti buah-buahan dan hewan tertentu, yang bisa dikonsumsi untuk memperoleh antioksidan. Astaxanthin secara alami bisa diperoleh dari salmon, crawfish, dan juga telur.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id