Ahli Jelaskan Bahaya Mengonsumsi Makanan Ultra-proses

    Sunnaholomi Halakrispen - 21 Mei 2020 16:20 WIB
    Ahli Jelaskan Bahaya Mengonsumsi Makanan Ultra-proses
    Kripik Ubi (Foto: Unsplash)
    Jakarta: Makanan ultra-proses merupakan makanan olahan dengan banyak proses. Mengonsumsi makanan ultra-proses secara berlebih tidak hanya menyebabkan obesitas, namun juga keluhan lainnya bagi tubuh Anda.

    Penelitian menghubungkan makanan ultra-olahan dengan sejumlah masalah kesehatan. Orang yang makan lebih banyak makanan ultra-proses cenderung menjadi gemuk, kemudian juga menderita diabetes, penyakit jantung, dan penyakit pembuluh darah, termasuk stroke.

    Bahkan, salah satu studi mengaitkan kenyamanan makanan dengan risiko kanker. Para peneliti melacak kebiasaan makan dan catatan kesehatan 104.980 orang dewasa selama lima tahun. Mereka yang makan makanan paling banyak diproses kemungkinan besar mendapatkan beberapa bentuk kanker selama periode penelitian.

    Para peneliti kemudian mengamati risiko kanker berdasarkan jumlah rata-rata porsi per hari selama lima tahun. Untuk setiap peningkatan 10 persen dalam asupan makanan ultra-olahan, ada peningkatan 12 persen pada risiko kanker secara keseluruhan.

    Itulah perbedaan antara seseorang yang makan satu snack Twinkie utuh per minggu selama lima tahun dan seseorang yang makan satu Twinkie utuh plus satu gigitan yang lain per minggu selama periode waktu yang sama.

    Mungkin karena risiko penyakit ini, penelitian juga menunjukkan bahwa makan lebih banyak makanan ultra-olahan sama dengan hidup yang lebih singkat. Para ahli tidak dapat mengatakan dengan pasti apakah kerusakan pada makanan ultra-olahan disebabkan oleh apa yang terkandung dalam makanan ini, atau apa yang kurang.

    "Mungkin keduanya. Bahan kimia, pengawet, pemanis tertentu bahkan yang tidak mengandung kalori, berpotensi mengganggu metabolisme. Kami tahu makanan ini tidak baik untuk kami, tetapi ada juga banyak hal yang masih belum kami ketahui," ujar Qi Sun, MD, ScD, profesor nutrisi di Universitas Harvard, dikutip dari WebMD.

    Sementara itu, jika Anda mengemil makanan olahan sebagai pengganti makan karena menjalani diet, itu bukan keputusan terbaik. Sebab, meskipun mengonsumsi dalam jumlah yang banyak, jenis makanan ini cenderung rendah serat dan nutrisi penting lainnya.

    "Diet yang mengandung lebih banyak makanan ultra-olahan mungkin mengandung lebih sedikit makanan utuh, jadi mungkin kekurangan makanan itu yang paling berbahaya," tutur Katherine Zeratsky, ahli gizi diet terdaftar di Mayo Clinic di Rochester, MN.

    Jika camilan ini menggantikan makanan utuh dalam diet, Anda akan kehilangan nutrisi tersebut dan bisa melihat konsekuensi kesehatan yang menyertainya. Protein dan serat, pada bagiannya, membantu Anda merasa kenyang, yang berarti makanan yang mengandung nutrisi ini dapat membantu Anda mengontrol asupan kalori sepanjang hari.

    Beberapa penelitian menemukan bahwa makanan ultra-olahan, terlepas dari kandungan nutrisinya, tidak memuaskan atau mengenyangkan seperti halnya makanan utuh. Namun, para peneliti tidak tahu pasti mengapa orang memilih makan lebih banyak makanan yang diproses. Bagaimanapun juga, makanan ultra-olahan justru menyebabkan makan berlebihan dan penambahan berat badan.

    Zeratsky memaparkan bahwa pilihan yang ideal adalah makanan utuh, tidak diproses, atau diproses secara minimal. Setiap gerakan menuju pola makan yang lebih banyak, walaupun dilakukan secara perlahan akan menjadi perubahan positif juga.

    "Jika Anda membutuhkan makanan yang enak, bisakah kamu mendapatkan salad kantong? Atau mengambil ayam utuh atau sayuran beku yang bisa Anda panaskan. Karena saya tidak berpikir kita akan memiliki gaya hidup yang tidak terlalu lama dan tidak membutuhkan makanan yang enak," pungkasnya.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id