Manfaat Mengonsumsi Hibiscus Tea untuk Kesehatan

    Raka Lestari - 02 Juni 2020 11:05 WIB
    Manfaat Mengonsumsi Hibiscus Tea untuk Kesehatan
    Hibiscus tea atau teh yang berasal dari bunga kembang sepatu yang dikeringkan merupakan salah satu minuman yang cukup populer. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Hibiscus tea atau teh yang berasal dari bunga kembang sepatu yang dikeringkan merupakan salah satu minuman yang cukup populer. Dengan rasa yang ringan dan menyegarkan, hibiscus tea merupakan salah satu minuman yang layak untuk dicoba.

    Dan selain memiliki rasa yang nikmat, hibiscus tea juga memiliki manfaat bagi kesehatan sebagai berikut:

    Meningkatkan sistem imun


    Maggie Michalczyk, seorang ahli gizi terdaftar mengatakan, “Hibiscus tea mengandung vitamin C, antioksidan kuat yang kita tahu bertanggung jawab untuk menjaga sistem kekebalan tubuh kita tetap sehat.” Ia juga menambahkan bahwa hibiscus tea tinggi zat besi, mineral yang menjaga sistem kekebalan tubuh seimbang dan membantu tubuh mempertahankan sel darah merah.

    Melancarkan sistem pencernaan 

    Menurut Natalie Rizzo, seorang ahli diet, menyebutkan bahwa hibiscus tea pada dasarnya adalah air yang mengandung rasa, yang berarti dapat memiliki manfaat yang sama seperti mengonsumsi air setiap hari. "Meminum banyak air membantu Anda tetap teratur, mencegah sembelit, dan membantu pencernaan," jelas Rizzo.

    Membantu tubuh melawan radikal bebas

    Sebuah studi pada tahun 2011 yang diterbitkan dalam jurnal Drug and Chemical Toxicology menyimpulkan bahwa hibiscus tea menghasilkan lebih banyak antioksidan dalam tubuh, yang kemudian menurunkan efek samping negatif dari radikal bebas dalam tubuh. Dilansir dari Healthline, radikal bebas adalah senyawa yang dapat membahayakan jika levelnya terlalu tinggi di tubuh Anda dan telah dikaitkan dengan penyakit seperti diabetes, penyakit jantung, dan kanker.

    Menurunkan tekana darah 

    Sebuah studi pada tahun 2010 dari The Journal of Nutrition menemukan bahwa ketika orang dewasa minum tiga porsi hibiscus tea setiap hari, dapat menurunkan tekanan darah pada banyak peserta. Seorang ahli gizi, Maggie Michalczyk mengatakan bahwa meskipun aman, hibiscus tea tidak bisa dikonsumsi semua orang.

    “Seseorang yang menggunakan hydrochlorothiazide, sejenis obat diuretik yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi sebaiknya tidak mengonsumsi hibiscus tea karena bisa menimbulkan efek samping,” ucapnya.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id