Hal Baik yang Bisa Menjadi Buruk

    Sunnaholomi Halakrispen - 28 Agustus 2019 14:05 WIB
    Hal Baik yang Bisa Menjadi Buruk
    Ilustrasi--Pexels
    Sejumlah hal yang baik jika dilakukan secara tidak tepat akan berdampak buruk. Seperti tidur lebih lama dari biasanya, Anda bisa membuat tubuh Anda lebih berbahaya dari pada mendapatkan manfaat baik.


    Jakarta: Siapa sangka, sejumlah hal baik bisa menjadi buruk. Sebab, bisa saja Anda melakukannya tidak sesuai dengan kondisi tubuh Anda atau dilakukan secara berlebihan.

    Salah satunya, saat berolahraga atau latihan fisik di gym, dapat merusak sendi, tendon, ligamen, dan bahkan jantung Anda, jika terlalu sering melakukannya. Wanita yang berolahraga terlalu banyak mungkin mulai kehilangan menstruasi atau mempercepat pengeroposan tulang yang mengarah pada osteoporosis.

    Sebaiknya, perhatikan kondisi tubuh Anda ketika olahraga membuat Anda lelah, merasa kesal, atau jika Anda kesulitan tidur, makan, maupun berkonsentrasi. Hal ini bisa menjadi pertanda bahwa sudah waktunya untuk mengurangi olahraga. Berikut hal baik lainnya yang bisa menjadi buruk.

    1. Tidur

    Jika Anda tidur lebih lama dari biasanya, Anda bisa membuat tubuh Anda lebih berbahaya dari pada mendapatkan manfaat baik. Studi menunjukkan bahwa tidur setiap malam yang lebih dari 8 jam meningkatkan sejumlah masalah kesehatan.

    Ada risiko kematian akibat masalah jantung sebesar 34 persen. Selain itu, Anda juga dapat mengalami masalah dengan konsentrasi, berat badan, dan kadar gula darah.

    2. Antibiotik

    Antibiotik membunuh banyak bakteri yang menyebabkan infeksi dan penyakit. Namun ternyata, bakteri dapat berubah jika mereka terlalu sering berhubungan dengan antibiotik.

    Hal tersebut membuat mereka kebal terhadap obat-obatan. Sebaiknya, minumlah antibiotik hanya ketika Anda yakin bahwa Anda benar-benar membutuhkannya.

    3. Membuat orang bahagia

    Rasanya menyenangkan membuat orang lain bahagia. Tetapi, ada garis tipis antara menjadi orang yang membantu dan menjadikan diri sendiri mudah menyerah. 

    Jika Anda setuju dengan orang lain hanya untuk menjaga perdamaian atau karena Anda tidak bisa mengatakan tidak atas permintaannya, itu bisa membuat Anda tidak bahagia. Sebab, sesungguhnya diri Anda tidak nyaman.

    Solusinya, katakan saja tidak untuk menolak dengan cara yang tepat. Pastikan pada diri Anda, apakah Anda akan nyaman melakukannya dan tidak menyengsarakan Anda. 

    4. Mencuci tangan

    Kebiasaan mencuci tangan merupakan cara terbaik untuk mencegah kuman. Namun, terlalu sering melakukannya sebenarnya bisa buruk. Berdasarkan studi, bisa merusak kulit Anda yang memberi tempat untuk kuman tumbuh dan berkembang.

    5. Mengonsumsi makanan enak

    Anda hanya makan makanan yang baik untuk Anda secara berlebihan menyebabkan tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes tipe 2, masalah tulang dan persendian, masalah tidur, bahkan depresi. Jika Anda mengonsumsi lebih banyak kalori dari pada yang Anda bakar, Anda akan menambah berat badan dan berisiko menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

    6. Mengonsumsi vitamin

    Mengonsumsi vitamin akan membuat Anda dan keluarga tetap sehat. Akan tetapi, jika Anda mengonsumsi vitamin C berlebihan, dapat menyebabkan mual, diare, dan kram perut. Apalagi jika Anda tidak cukup mengonsumsi air mineral, bisa berisiko kerusakan ginjal.

    7. Bekerja

    Apakah Anda bekerja di kantor melewati waktu bekerja yang seharusnya? Mungkin Anda benar-benar menyukai apa yang Anda kerjakan atau mungkin Anda gila kerja. Risikonya, Anda bisa merasa pusing, sakit kepala yang berlebihan, bahkan stres.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id