Lima Asupan yang Dapat Menurunkan Kolesterol Secara Alami

    Raka Lestari - 18 Juni 2019 07:05 WIB
    Lima Asupan yang Dapat Menurunkan Kolesterol Secara Alami
    Secara umum, memiliki kandungan kolestrol HDL yang tinggi merupakan hal yang baik bagi tubuh. (Foto Ilustrasi: Public Domain Picture/Pexels)
    Jakarta: Tubuh memiliki dua jenis kolesterol. Yaitu HDL atau kolestrol "baik" dan LDL yang merupakan kolesterol "jahat" atau "buruk".

    Secara umum, memiliki kandungan kolestrol HDL yang tinggi merupakan hal yang baik bagi tubuh. Sedangkan kandungan kolestrol LDL yang tinggi seringkali dikaitkan dengan peningkatan risiko yang tinggi akan penyakit jantung.

    Hal ini karena LDL cenderung menyumbat dan mengeraskan arteri, sedangkan HDL membawa LDL dari arteri ke liver Anda untuk dihilangkan. HDL juga dapat membantu dalam menjaga kerusakan pembuluh darah, yang merupakan penyebab utama pengerasan arteri.

    Menurut Health.com, berikut beberapa makanan yang dapat menurunkan kolesterol Anda secara alami:

    Kacang-kacangan

    Beberapa studi menghubungkan beberapa jenis kacang-kacangan terkait menurunkan kolesterol. Seperti kacang kedelai, lentil, dan kacang polong untuk mengurangi kolestrol.

    Lima Asupan yang Dapat Menurunkan Kolesterol Secara Alami

    Satu studi, yang diterbitkan dalam Canadian Medical Association Journal, menemukan bahwa 3/4 cangkir kacang-kacangan setiap hari dapat menurunkan kolestrol LDL sebesar 5 persen. Meskipun terlihat tidak banyak, jumlah tersebut merupakan penurunan yang cukup signifikan.

    Alpukat

    Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Pennsylvania State University, para peneliti menemukan bahwa para peserta yang mengonsumsi alpukat mengalami pengurangan kolestrol sebesar 14 mg / dL selama studi tersebut dilakukan.

    Lima Asupan yang Dapat Menurunkan Kolesterol Secara Alami

    Alpukat juga merupakan salah satu bahan makanan yang mudah dipadukan dengan bahan makanan lainnya. Seperti roti gandum yang bisa dijadikan smoothie, atau dijadikan salad. Anda juga bisa mengganti mentega dengan alpukat dalam beberapa jenis masakan.

    Oat

    Oat juga merupakan salah satu makanan yang terkenal bisa menurunkan kolesterol. Dalam sebuah penelitian di Thailand, para sukarelawan dengan kolestrol tinggi yang mengonsumsi oat selama empat minggu mengalami penurunan kolestrol LDL sebesar 10 persen.

    Lima Asupan yang Dapat Menurunkan Kolesterol Secara Alami

    Saat sarapan, oat dapat dicampurkan ke dalam smoothie, dicampurkan dengan Greek Yogurt dan buah-buahan lain, atau ditambahkan dengan acai. Selain itu, oat juga dapat disajikan secara gurih dan manis. Jika Anda menyukai oat dengan rasa gurih, Anda bisa membuat bubur ayam yang berbahan dasar oat.

    Almond

    Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition menemukan bahwa hanya dengan mengonsumsi 10 gram almond, atau sekitar 8 buah almond saat sarapan dapat meningkatkan kolestrol HDL secara signifikan.

    Lima Asupan yang Dapat Menurunkan Kolesterol Secara Alami

    Selain dikonsumsi secara utuh, Anda bisa menggunakan minyak almond atau tepung almond dalam berbagai macam jenis makanan. Anda juuga bisa menambahkan almond ke dalam smoothies, oat, atau dijadikan salad bersama dengan potongan buah segar.

    Teh hijau

    Sebuah meta-analisis penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa konsumsi teh hijau secara signifikan menurunkan kadar kolesterol total (lebih dari 7 mg / dL), dan secara signifikan mengurangi nilai LDL (lebih dari 2 mg / dL) tanpa mempengaruhi kolestrol HDL yang baik bagi tubuh.

    Lima Asupan yang Dapat Menurunkan Kolesterol Secara Alami

    Selain meminumnya secara langsung, Anda bisa menggunakan bubuk teh hijau ke dalam berbagai macam jenis makanan dan minuman favorit Anda.

    Hobi Kuliner? Gak Perlu Takut Kolesterol




    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id