MAGHRIB 17:47

    Untuk Jakarta dan sekitarnya

    IMSAK 04:26
    SUBUH 04:36
    DZUHUR 11:53
    ASHAR 15:14
    ISYA 19:00

    Download Jadwal Imsakiyah

    Menkes Berharap Seluruh Pura di Indonesia Terapkan PHBS

    A. Firdaus - 18 Maret 2019 16:29 WIB
    Menkes Berharap Seluruh Pura di Indonesia Terapkan PHBS
    Menteri Kesehatan RI, Nila Moeloek. (Foto: Rivan Awal Lingga/Antara)
    PHBS dan Germas, kata Menkes adalah hal fundamental bagi kehidupan manusia. Jika dimulai dengan diri yang sehat tentu akan lebih bisa jernih untuk berpikir dan bisa berbuat lebih baik, misalnya anak-anak bisa bersekolah dan menjadi manusia produktif.

    Jakarta: Menteri Kesehatan RI, Nila Moeloek, mengingatkan masyarakat untuk menyadari pentingnya hidup sehat. Imbauan itu dilontarkan Menkes saat menghadiri Saka Yoga Festival yang digelar di Pura Adhitya Jaya, Jakarta, Minggu (17/3).
    Dalam acara tersebut Menkes ingatkan peserta yang hadir agar berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

    “Masyarakat agar menyadari tentang sehat, lakukan dengan hati dan hati-hati, tetapi tidak menusuk hati orang atau tidak sesuka hati,” kata Menkes Nila.

    Menkes juga mengatakan bahwa sehat itu tidak menyakiti hati. Dalam artian, lakukanlah hidup sehat dengan kesadaran masing-masing. Mampu mengubah perilaku menjadi hidup bersih dan sehat merupakan hal yang sangat penting sekali dan harus dimulai sejak kecil dengan membudayakan Germas.

    “Kita harus berkomitmen mau hidup sehat. Kesehatan sangat terkait dengan lingkungan dan perilaku. Kesehatan lingkungan tidak cukup hanya dengan tidak membuang sampah sembarangan tetapi diiringi perilaku sehat seperti aktivitas fisik, makan buah sayur, dan cek kesehatan,” kata Menkes.

    Menkes ingatkan saat ini, segala macam penyakit mudah menyerang manusia. Mulai dari penyakit yang dibawa oleh binatang seperti nyamuk yang menyebabkan DBD.

    Masalah DBD bukan hanya soal nyamuk, tetapi perilaku manusia sangat mempengaruhi. Karena itu setiap orang diimbau menjaga kebersihan lingkungan.

    Pentingnya menjaga kesehatan menurut Menkes juga berdampak pada lingkungan. Sebab jika tidak diberlakukan, akan menimbulkan penyakit tidak menular. Dimulai dari hipertensi, penyakit kencing manis yang akhirnya menjadi sakit jantung, stroke, dan gagal ginjal. Tentu akan menghadirkan biaya yang luar biasa mahalnya.

    Baca juga: Kegiatan yang Bisa Membantu Menyembuhkan Kanker Payudara

    Menkes mengharapkan PHBS dan Germas bisa diterapkan di seluruh Pura di Indonesia. Ketua Suka Duka Hindu Dharma, Putu Maharta, mengatakan pihaknya telah membuat Germas Center di Pura Adhitya Jaya. Ia berharap Germas Center itu menjadi embrio sehingga bisa diikuti oleh Pura lainnya.

    “Pembinaan PHBS dilaksanakan secara desentralisasi yang tahun lalu kami lakukan di Cibubur, sekarang kami lakukan desentralisasi yang kita lakukan di sini di 27 Pura. Kami mengharapkan pura-pura kita yang ada di 27 lokasi sekitar DKI dan sekitarnya itu melaksanakan Germas dan PHBS,” ucap Putu Maharta.

    Dengan diterapkannya PHBS di seluruh Pura itu, maka akan diketahui sejauh mana pura-pura tersebut telah melaksanakan PHBS. Tentunya akan menjadi referensi untuk di kemudian hari melakukan perbaikan berkelanjutan, continue improvement.

    Saka Yoga Festival tahun ini merupakan rangkaian dari Hari Nyepi tahun baru Saka 1941 yang digelar di 27 Pura di Jabodetabek. Sebelumnya telah dilakukan beberapa kali kegiatan bakti sosial, seperti donor darah, penyuluhan kesehatan, dan pengobatan gratis di Tanjung Priok.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id