Perbedaan Filler, Botox, dan Ultherapy bagi Wajah

    Sunnaholomi Halakrispen - 15 Maret 2019 13:54 WIB
    Perbedaan <i>Filler</i>, <i>Botox</i>, dan <i>Ultherapy</i> bagi Wajah
    Ada tiga jenis treatment atau perawatan serta perbaikan wajah yaitu filler, botox, dan ultherapy. (Foto: Pexels.com)
    Ada tiga jenis treatment atau perawatan serta perbaikan wajah yang menarik perhatian. Ketiganya yaitu filler, botox, dan ultherapy. Filler adalah mengisi bagian di wajah yang perlu perbaikan. Sedangkan botox berfungsi untuk menghilangkan kerutan atau keriput. Lain halnya dengan Ultherapy yang tidak menggunakan jarum sama sekali. Namun, fungsinya sama-sama memperbaiki bagian wajah.


    Jakarta:
    Memiliki wajah yang cantik sejak lahir tentu memuaskan. Hidung mancung, kantung mata yang tidak besar, pipi tirus, dan sebagainya.

    Namun, ketika Anda tidak termasuk golongan tersebut, Anda juga bisa cantik dengan melakukan treatment khusus. Bahkan, ketika ada bagian wajah Anda yang rusak akibat kecelakaan, Anda bisa memperbaikinya.

    Ada tiga jenis treatment atau perawatan atau perbaikan wajah yang menarik perhatian. Ketiganya yaitu filler, botox, dan ultherapy.

    Tiga jenis treatment itu berbeda dengan memiliki kelebihannya masing-masing. Dua diantaranya, filler dan botox, diterapkan dengan menggunakan jarum atau dengan suntikan.

    "Filler itu lebih ke mengisi. Jadi ada sesuatu kandungan hyaluronic acid yang dalam tubuh kita sudah ada sebenarnya. Justru kandungan ini disuntikkan masuk ke wajah kita supaya lebih tebal," ujar dr. Ellen Theodora, MBBS, kepada Medcom.id di Maharis Clinic.

    Filler bisa dilakukan di bagian dagu agar dagu menjadi lebih runcing atau V shape. Ada juga yang filler di bawah mata untuk yang memiliki mata cekung. Sementara itu, konsistensi di setiap bagian wajah yang difiller berbeda.

    (Baca juga: Efek Suntik Filler Bikin Wajah Cepat Menua dan Asimetris)

    Perbedaan <i>Filler</i>, <i>Botox</i>, dan <i>Ultherapy</i> bagi Wajah
    (Ada tiga jenis treatment atau perawatan serta perbaikan wajah yang menarik perhatian. Ketiganya ialah filler, botox, dan ultherapy. Foto: Pexels.com)

    Sedangkan, perbaikan dengan botox lebih untuk permasalahan. Biasanya, treatment ini dilakukan oleh para orang tua yang ingin menghilangkan kerutan atau keriput di area wajahnya.

    "Kerutan ada karena otot bekerjanya terlalu keras, terjadi kontraksi, sehingga kulit di luarnya pun ikutan bergerak dan ada kerutan. Yang terjadi dengan otot tersebut kita suntikin toksin untuk merilekskan," tuturnya.

    Berbeda dengan filler dan botox, treatment yang bernama ultherapy tidak menggunakan jarum sama sekali. Namun, fungsinya sama-sama untuk memperbaiki bagian wajah.

    "Ini program terbaru untuk mengangkat kulit supaya lebih kencang. Tapi bedanya, ini tidak menggunakan jarum bahkan menggunakan energi ultrasound. Dengan gelombang ini otomatis tidak sesakit menggunakan jarum," papar dr. Ellen.

    Pada pengerjaan ultherapy, dilakukan lebih mendalam dibandingkan filler dan botox. Bisa dikatakan bahwa filler dan botox diterapkan di permukaan kulit, sehingga durasi perubahan wajah terjadi secara cepat setelah pengerjaan.

    Botox membutuhkan waktu sekitar dua hingga tiga minggu setelah pengerjaan oleh dokter. Sedangkan, ultherapy membutuhkan waktu yang lebih lama untuk bisa melihat hasil perubahan wajah, yakni lebih dari satu bulan.

    Lantaran pengerjaannya yang lebih mendalam, ultherapy dapat dilakukan hanya dengan sekali treatment dan bertahan hingga dua atau tiga tahun ke depan.

    Berbeda dengan filler yang membutuhkan pengulangan treatment setiap tiga bulan dan botox yang membutuhkan pengulangan setiap enam hingga sembilan bulan sekali.





    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id