Olahraga Pagi Lebih Efektif Membentuk Otot dan Membakar Lemak

Anggi Tondi Martaon - 11 Januari 2019 09:14 wib
Pagi hari waktu yang tepat untuk memaksimalkan latihan. Sebab,
Pagi hari waktu yang tepat untuk memaksimalkan latihan. Sebab, tubuh berada dalam mode pembentukan otot yang prima. (Foto Ilustrasi: Trust Tru Katsande/unsplash.com)

Jakarta: Jika dilihat dari waktu, pada umumnya orang berolahraga pada siang atau sore hari. Namun, manakah pilihan yang tepat jika tujuannya adalah untuk membakar lemak dan membentuk otot?

Dikutip dari www.shape.com, jawabannya adalah pagi hari. Dalam sebuah artikel berjudul "8 Health Benefits of Morning Workouts", dua tujuan untuk berolahraga efektif dilakukan pada pagi hari.

Pertama, membakar lemak. Dalam artikel tersebut disebutkan, olahraga pada pagi hari dengan perut kosong lebih efektif membakar lemak hingga 20 persen daripada orang yang sarapan lebih dulu. 

Kesimpulan di atas merupakan hasil studi yang dilakukan British Journal of Nutrition study 2013.

Selain itu, olahraga pada pagi hari juga secara tidak langsung membuat kita enggan mengonsumsi kalori berlebihan. Agak berlawanan dengan nalar memang karena biasanya orang akan makan dalam jumlah banyak setelah berolahrga, aktivitas menyedot energi.

Para peneliti di Brigham Young University menemukan, olahraga pada pagi hari membuat makanan tidak terlihat menarik. Tidak hanya itu, pada jurnal Medicine & Science in Sports & Exercise juga disebutkan, respons otak wanita yang berolahraga selama 45 menit tidak semangat saat melihat gambar makanan.

Tidak hanya itu, olahraga pagi juga membuat orang tidak mengonsumsi lebih banyak makanan daripada kelompok lain sepanjang hari.

Selanjutnya membentuk otot. Bagi yang mendambakan tubuh atletis sangat disarankan untuk melakukan latihan pada pagi hari. Kenapa?

Menurut National Institute for Fitness & Sport, kadar testosteron di tubuh berada pada puncaknya saat pagi hari. Hormon tersebut berfungsi dalam pembentukan tulang dan otot.

Jadi, pagi hari waktu yang tepat untuk memaksimalkan latihan. Sebab, tubuh berada dalam mode pembentukan otot yang prima.

Rahasia Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat dan Awet Muda (2)



(FIR)


BACA JUGA
BERITA LAINNYA

Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.