Sejarah Terciptanya Vaksin Tubuh Manusia

    Sandra Odilifia - 30 September 2020 13:38 WIB
    Sejarah Terciptanya Vaksin Tubuh Manusia
    Perjalanan panjang vaksin, bermula dari wabah cacar pada tahun 1700-an. (Foto: Pexels.com)
    Jakarta: Cacar, sebuah kata yang menakutkan banyak orang. Dahulu, wabah cacar amat menakutkan. Pada awal abad ke-14, praktik senjata biologis berupa melemparkan mayat yang terkena cacar dilakukan oleh tentara Tartar dan taktik ini digunakan untuk melemahkan kekuatan lawan. 

    Dr Ken Alibek, seorang fisikawan asal Rusi menyebutkan bahwa cacar dijadikan senjata biologis (bio weapon) antara perang Prancis dan Inggris di Amerika Utara (saat ini namanya Kanada) pada tahun 1754-1767. Ini tertulis dalam “Smallpox: a Disease and a Weapon” via Ijidonline.com

    Dan dalam perkembangannya, penemuan tidak sengaja mengarah pada vaksin pertama, dan transformasi dalam kesehatan manusia.

    Awal rasa cacar

    “Tubuh Anda akan sakit, Anda akan mengalami demam tinggi, sakit tenggorokan, sakit kepala dan kesulitan bernapas,” kata ahli epidemiologi Rene Najera, editor situs web History of Vaccines. Tapi itu bukan yang terburuk.

    “Selain itu, Anda akan mendapatkan ruam yang mengerikan di seluruh tubuh Anda. Pustula berisi nanah di kulit kepala, kaki, tenggorokan, bahkan paru-paru dan selama beberapa hari, mereka akan mengering dan mulai jatuh,” kata Najera.
     


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id