Sejarah Terciptanya Vaksin Tubuh Manusia

    Sandra Odilifia - 30 September 2020 13:38 WIB
    Sejarah Terciptanya Vaksin Tubuh Manusia
    Perjalanan panjang vaksin, bermula dari wabah cacar pada tahun 1700-an. (Foto: Pexels.com)


    “Ini benar-benar bukan uji klinis dan pilihan siapa yang mereka vaksinasi benar-benar membuat Anda tidak nyaman,” kata Sheila Cruickshank, profesor imunologi di Universitas Manchester.

    Jenner juga tidak tahu ilmu yang mendasari penemuan itu. Belum ada pemahaman bahwa penyakit cacar disebabkan oleh virus variola, dan fungsi sistem kekebalan tubuh masih menjadi misteri pada saat itu.

    “Banyak dari apa yang mereka lakukan adalah mengandalkan penciptaan kekebalan, menciptakan antibodi, menciptakan memori, dan mereka tidak memiliki konsep tentang itu. Itu mengejutkan dan sedikit menakutkan juga,” kata Cruickshank.

    "Jenner tidak mencari uang dari vaksinnya, dia tidak tertarik untuk mematenkannya," ujar Owen Gower.

    Sejarah Terciptanya Vaksin Tubuh Manusia
    (Tahun tahun 1796, Edward Jenner, seorang dokter desa yang bekerja di kota kecil Berkeley di Gloucestershire mengumpulkan beberapa bukti tidak langsung dari para petani dan pemerah susu dari kasus cacar. Dan Dr Jenner memutuskan untuk mencoba sebuah eksperimen. Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

    Memulai vaksinasi secara massal

    Namun demikian, Jenner menyadari bahwa vaksin cacar miliknya, vaccinia, berpotensi mengubah pengobatan dan menyelamatkan nyawa. Tapi dia juga tahu dia hanya akan menghentikan penyakitnya jika dia bisa memvaksinasi orang sebanyak mungkin.

    Dia mengubah rumah musim panas pedesaan di tamannya menjadi Kuil Vaccinia dan mengundang penduduk setempat untuk divaksinasi setelah gereja pada hari Minggu.

    “Dia menulis kepada dokter lain dengan menawarkan sampel vaksin dan mendorong mereka untuk melakukannya sendiri sehingga orang-orang divaksinasi oleh ahli kesehatan terpercaya setempat,” kata Gower.
     

    Halaman Selanjutnya
    “Ini adalah tema yang kita…

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id