Tips Mengatur Pola Makan untuk Penderita Diabetes

    Raka Lestari - 10 Juli 2020 16:12 WIB
    Tips Mengatur Pola Makan untuk Penderita Diabetes
    Ilustrasi-Pexels
    Jakarta: Seseorang yang memiliki diabetes atau diabetes perlu sekali untuk menjaga pola makannya sehari-hari. Hal ini dilakukan agar setelah mengonsumsi makanan, gula darah yang ada dalam tubuhnya tidak melonjak secara tidak terkontrol.

    “Pengaturan makan untuk diabetes adalah sarapan lebih banyak dari makan siang, makan siang lebih banyak dari makan malam, dan makan malam lebih sedikit dari makan siang,” ujar dr. Dante S. Harbuwono, Sp.PD, Ph.D, KEMD, Kepala Divisi Metabolik Endokrin Departemen Penyakit Dalam FKUI/RSCM dalam acara Beat Diabetes Online Festival, Jumat, 10 Juli 2020.

    Menurut dr. Dante, hal ini karena sarapan adalah asupan yang akan digunakan oleh tubuh untuk melakukan kegiatan selama satu hari. “Sarapan akan digunakan kalorinya sebesar 60 – 70 persen untuk satu hari. Makan siang hanya sekitar 30 persen, sedangkan makan malam karena tidak terlalu banyak aktivitas maka hanya digunakan 10 persen untuk aktivitas,” jelasnya. 

    “Untuk itu, kalau tidak mau menumpuk gula dalam tubuh sebaiknya makan malam dalam jumlah yang sedikit saja. Seberapa sedikit makan malam, tergantung dari berat badan, tergantung dari aktivitas, dan tergantung dari apakah ingin turun berat badan atau tidak,” saran dr. Dante. 

    Ia juga menyarankan agar pada saat makan malam, usahakan makan dalam jumlah sedikit mungkin tetapi jangan sampai badan tersiksa karena lapar. “Kalau biasanya makan satu porsi besar, coba kurang setengahnya. Kalau setengahnya cukup, berarti itu porsi yang tepat,” ujar dr. Dante. 

    “Rasa lapar itu ada dua, pertama adalah lapar karena memang perut harus diisi dan yang kedua adalah lapar mata. Bedanya apa? Bedanya kalau lapar karena memang perut harus diisi, biasanya interval 4 jam dari waktu makan sebelumnya. Nah kalau sebelum 4 jam sudah lapar lagi, kemungkinan itu karena lapar mata,” kata dr. Dante. 

    Dan menurut dr. Dante, lapar mata itulah yang harus disiasati karena setiap orang tentunya memiliki selera yang berbeda-beda. “Ada yang senang makan camilan, itu boleh yang penting kaidaih-kaidah tadi tetap dilakukan,” tutup dr. Dante. 



    (YDH)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id