Apakah Covid-19 Bisa Menular Melalui Hubungan Seks?

    Raka Lestari - 05 April 2020 16:40 WIB
    Apakah Covid-19 Bisa Menular Melalui Hubungan Seks?
    Setiap kontak dekat dapat menularkan virus korona atau covid-19. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
    Jakarta: Penularan covid-19 bisa terjadi melalui kontak dekat, terutama melalui droplets atau percikan air liaur yang terjadi ketika seseorang positif covid-19 bersin atau batuk yang kemudian terhirup oleh orang lain. Dan mungkin orang bertanya-tanya juga apakah melakukan hubungan seksual dapat menularkan covid-19 tersebut?

    “Secara singkat jawabannya adalah ya, bahwa melakukan hubungan seksual dapat menyebabkan penularan covid-19. Setiap kontak dekat dapat menularkan virus tersebut,” ujar Nicole E. Williams, MD ahli bedah ginekologi di Rush University Hospital and Medical Center, Chicago.

    Akan tetapi, hal terpenting yang perlu diketahui adalah bahwa setiap orang bisa saja terinfeksi covid-19 dan menyebarakannya ke orang lain tanpa menunjukkan adanya gejala, menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC). Jadi, meskipun pasangan Anda terlihat sehat bukan berarti Anda aman.

    Selain itu, Charlotte Hilton Andersen dalam Thehealthy menuliskan beberapa bukti awal menunjukkan bahwa virus tersebut mungkin dapat ditularkan dalam feses, menurut sebuah studi tahun 2020 yang diterbitkan dalam Nature Reviews. 

    “Dan jika pasangan Anda positif terinfeksi covid-19 atau Anda curiga bahwa pasangan Anda terinfeksi covid-19 hal yang sebaiknya dilakukan adalah dengan menghindari untuk melakukan hubungan seksual,” ujar Dr William. 

    “Penting untuk mengingat bahwa covid-19 ini merupakan penyakit baru dan kita semua masih memelajari bagaimanya penularannya, keparahan yang ditimbulkannya, dan bagaimana penyakit ini dapat menyebar,” tutup Dr William.

    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id