Cara Menghentikan Masalah Gusi Berdarah

    Kumara Anggita - 09 September 2020 14:02 WIB
    Cara Menghentikan Masalah Gusi Berdarah
    Pendarahan dari gusi menunjukkan ada masalah yang mungkin Anda tidak sadari. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Ketika sikat gigi, Anda bisa tiba-tiba melihat darah di permukaan sikat Anda. Mungkin Anda akan membiarkannya begitu saja. Namun sesungguhnya pendarahan dari gusi menunjukkan ada masalah yang mungkin Anda tidak sadari.

    Dikutip dari Healthline, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghentikan permasalahan ini antara lain:

    Jaga kebersihan mulut dengan baik

    Gusi berdarah mungkin merupakan tanda kebersihan gigi yang buruk. Gusi menjadi meradang dan berdarah saat ada penumpukan plak di sepanjang garis gusi. Plak adalah lapisan lengket yang mengandung bakteri yang menutupi gigi dan gusi Anda.

    Dan jika Anda tidak menyikat atau membersihkan gigi dengan cukup, bakteri dapat menyebar dan menyebabkan kerusakan gigi atau penyakit gusi. Untuk meningkatkan kebersihan mulut, gosok gigi setidaknya dua kali sehari dan gunakan benang sekali sehari. 

    Berhenti merokok

    Selain meningkatkan risiko kanker paru-paru, penyakit jantung, dan stroke, merokok juga dikaitkan dengan penyakit gusi.  Merokok dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh Anda, sehingga lebih sulit bagi tubuh Anda untuk melawan bakteri plak. Ini bisa menyebabkan penyakit gusi.

    Berhenti merokok dapat membantu menyembuhkan gusi dan menghentikan pendarahan. Bicaralah dengan dokter Anda tentang metode terbaik untuk membantu Anda berhenti merokok.

    Kurangi tingkat stres

    Satu studi menunjukkan hubungan antara penyakit periodontal dan stres emosional. Menurut para peneliti, stres emosional berdampak negatif pada sistem kekebalan tubuh. Hal ini dapat mengakibatkan melemahnya pertahanan tubuh hingga tidak dapat melawan infeksi gusi. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengetahui besarnya stres yang dapat memicu timbulnya penyakit ini.

    Tingkatkan asupan vitamin C

    Makan makanan yang kaya vitamin C dapat memperkuat sistem kekebalan Anda dan membantu melawan infeksi gusi yang menyebabkan gusi berdarah. Sebaliknya, tidak mendapatkan cukup vitamin C dalam makanan Anda dapat memperburuk pendarahan jika Anda menderita penyakit gusi. Faktanya, kekurangan vitamin C juga dapat menyebabkan perdarahan gusi meskipun Anda melakukan kebiasaan oral yang baik.

    Tingkatkan asupan vitamin K

    Mengonsumsi suplemen vitamin K juga dapat meredakan gusi berdarah. Vitamin K adalah nutrisi penting karena membantu pembekuan darah Anda. Kekurangan dapat menyebabkan perdarahan mudah, dan satu studi menemukan bahwa hal itu dapat menyebabkan perdarahan gusi.

    Bilas mulut Anda dengan air garam

    Karena bakteri dan peradangan di mulut menyebabkan penyakit gusi, mencuci mulut secara teratur dengan campuran air garam hangat juga dapat mengurangi bakteri dan menghentikan pendarahan gusi.

    Tambahkan setengah sendok teh garam ke segelas air hangat dan bilas mulut Anda selama beberapa detik tiga sampai empat kali sehari. Jika pendarahan berasal dari cedera atau trauma, berkumur dengan campuran air garam juga menjaga kebersihan mulut dan menghilangkan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi luka.



    (YDH)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id