Mengapa Banyak Orang Terobsesi Mencukur Bulu Ketiak?

    Raka Lestari - 01 Juli 2020 16:53 WIB
    Mengapa Banyak Orang Terobsesi Mencukur Bulu Ketiak?
    Meski kelihatannya bulu ketiak sama sekali tidak berguna, ternyata punya kegunaan yang cukup spesifik. (Foto: Pexels.com)
    Jakarta: Banyak orang yang berusaha untuk menghilangkan bulu ketiak mereka. Padahal sebenarnya, bulu ketiak secara alami tumbuh dan memiliki manfaat. Dan bulu ketiak mungkin sebaiknya dibiarkan tumbuh secara alami.

    Menurut ahli estetika Marta Camkiran, meski kelihatannya sama sekali tidak berguna, rambut ketiak memang memiliki kegunaan yang cukup spesifik.

    "Bulu ketiak berfungsi untuk mengurangi gesekan antara lengan atas dan bawah selama persalinan atau gerakan yang kuat, menutupi bagian tubuh yang terbuka dengan arteri vital, dan memfasilitasi pelepasan feromon seks," katanya.

    Anda perlu mengetahui bahwa mencukur bulu ketiak bisa juga menyebabkan masalah. "Ketika Anda mencukurnya, Anda bisa mengalami iritasi, folikulitis, ruam, peradangan, dan bahkan infeksi dari pisau cukur yang kotor," kata Dr Mona Gohara.

    Ia menambahkan bahwa, “Sebenarnya tidak ada alasan biologis untuk menghilangkan bulu ketiak Anda.”

    Meskipun mencukur bulu ketiak adalah pilihan yang personal, beberapa orang mungkin merasa bahwa dirinya harus mencukur bulu ketiak mereka. 

    “Ini karena ada pemahaman yang salah bahwa tidak memiliki bulu ketiak identik dengan kebersihan, padahal sebenarnya itu tidak sepenuhnya tepat selama Anda menjaga bulu ketiak tetap dalam keadaan bersih,” ujar Dr Gohara.

    Rebecca M. Herzig, seorang profesor yang menpelajari studi mengenai gender dan seksualitas di Bates College sekaligus penulis buku Plucked: A History of Hair Removal, menambahkan, “Menurut saya, rambut yang ada pada tubuh seseorang untuk beberapa alasan dijadikan sebagai stigma tentang kebersihan, dan persepsi budaya,” katanya.

    Namun, terlepas dari stigma yang ada mengenai bulu ketiak seseorang saat ini sudah banyak wanita yang mulai berani untuk mempertahankan bulu ketiak mereka dengan tidak mencukurnya. 

    Emily Ratajkowski, seorang aktris sekaligus model terkenal mengatakan, “Menurut saya, dengan tidak mencukur bulu ketiak dapat memudahkan perawatan kecantikan saya setiap harinya karena saya dapat menghilangkan satu rutinitas kecantikan, yaitu mencukur bulu ketiak,” tutupnya.


    (TIN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id