Risiko Menjadi Vegetarian

    Sunnaholomi Halakrispen - 19 September 2020 17:04 WIB
    Risiko Menjadi Vegetarian
    Makan makanan vegetarian dapat membuat seseorang berisiko tidak mendapatkan cukup nutrisi tertentu. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Mengikuti diet yang terlalu membatasi dengan cara apa pun dapat menyebabkan masalah kesehatan. Sebab, ada sejumlah risiko yang perlu dipahami. Begitu pula dengan menjadi vegetarian.

    Dikutip dari Medical News Today, seseorang harus merencanakan diet baru dengan hati-hati sebelum memulainya dan mendiskusikannya dengan profesional perawatan kesehatan. Hal tersebut untuk memastikan bahwa mereka mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan.

    Diet vegetarian dapat menjadi pilihan yang baik untuk kesehatan seseorang secara keseluruhan, namun banyak makanan tidak sehat karena tidak mengandung produk hewani. Dan makan terlalu banyak makanan ini dapat merusak kesehatan secara keseluruhan.

    Meskipun, pola makan nabati biasanya kaya akan makanan rendah kalori, seperti sayuran dan buah-buahan. Namun, masih mungkin makan berlebihan, yang dapat menyebabkan seseorang bertambah berat badannya.

    Maka dari itu, penting bagi seseorang yang beralih ke pola makan vegetarian untuk memastikan bahwa mereka makan berbagai macam buah-buahan. Kemudian sayuran, lemak sehat, dan biji-bijian.

    Hanya saja, makan makanan vegetarian dapat membuat seseorang berisiko tidak mendapatkan cukup nutrisi tertentu. Termasuk protein, asam lemak omega-3, dan vitamin B-12.

    Anda harus merencanakan pola makan dengan memasukkan sumber-sumber ini dan nutrisi lain yang penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Dalam beberapa kasus, suplementasi mungkin juga diperlukan, terutama untuk orang-orang yang mengikuti pola makan nabati yang lebih ketat yang memotong sebagian besar atau semua produk hewani.
     


    Lalu, apa saja nutrisi utama untuk menggantikannya? Seseorang mungkin berisiko mengalami defisiensi nutrisi tertentu saat beralih ke pola makan vegetarian atau vegan yang ketat.

    Hal ini merupakan nutrisi spesifik yang mungkin kurang seseorang akan sangat bergantung pada jenis diet vegetarian yang mereka makan. Misalnya, seseorang yang masih makan susu, ikan, telur, atau daging dalam jumlah terbatas mungkin tidak memiliki masalah dengan kekurangan nutrisi. 

    Sebaliknya, orang yang mengikuti pola makan vegan mungkin perlu melengkapi pola makan dengan vitamin dan mineral. Tentunya, tergantung pada asupan dan batasan makanan mereka.



    (YDH)
    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id