Menjaga Kelembapan Obat Alami untuk Mengatasi Sinusitis

    Sunnaholomi Halakrispen - 11 Juni 2019 09:00 WIB
    Menjaga Kelembapan Obat Alami untuk Mengatasi Sinusitis
    Udara kering dapat mengiritasi sinus Anda. (Foto: Pexels.com)



    Sinusitis adalah kondisi ketika rongga di sekitar hidung meradang. Dilansir dari Wikipedia, sinusitis bisa terjadi dari sesuatu yang menyebabkan sumbatan pada hidung. Termasuk flu biasa, rhinitis alergi (pembengkakan pada lapisan hidung), polip hidung (pertumbuhan kecil di lapisan hidung), atau septum menyimpang (pergeseran di rongga hidung).


    Jakarta: Sinusitis merupakan penyumbatan yang kemudian menjadi infeksi pada rongga sinus, seperti area hidung. Dilansir dari WebMD, terdapat sejumlah obat alami yang dapat mengatasi sinusitis. Berikut bisa Anda sontek beberapa langkahnya.

     



    1. Pertama, hiruplah udara lembap. Usahakan simpan pelembap di kamar tidur Anda atau ruangan lain tempat Anda menghabiskan banyak waktu. Karena, udara kering dapat mengiritasi sinus Anda.

    Menjaga udara tetap lembap dapat membantu mengurangi penyumbatan di area rongga sinus. Menghirup uap dua hingga empat kali sehari juga dapat membantu. 

    Anda juga bisa duduk di kamar mandi tepatnya di bawah pancuran air hangat. Pastikan pintu kamar mandi tertutup agar kelembapan tetap terjaga.

    Menjaga Kelembapan Obat Alami untuk Mengatasi Sinusitis
    (Dilansir dari Wikipedia, sinusitis bisa terjadi dari sesuatu yang menyebabkan sumbatan pada hidung. Termasuk flu biasa, rhinitis alergi (pembengkakan pada lapisan hidung), atau polip hidung (pertumbuhan kecil di lapisan hidung). Foto: Pexels.com)

    2. Kemudian, jaga diri Anda agar tetap berada di kawasan di larang merokok, area produk pembersih yang keras, cat, semprotan rambut, dan parfum. Hal-hal itu dapat mengiritasi sinus Anda. 

    Carilah produk pembersih dengan varietas tanpa aroma. Apabila beraroma, cenderung mengandung bahan kimia keras yang dapat memicu masalah sinus.

    3. Obat alami lainnya ialah dengan meminum lebih banyak air atau jus buah. Banyak meminum cairan akan membantu mengencerkan lendir dan mendorong drainase. Dari berbagai cairan, teh panas adalah pilihan lain yang baik.

    Perlu diingat bahwa terlalu banyak mengonsumsi kafein atau alkohol dapat memicu memperburuk kondisi sinusitis. Kedua minuman itu membuat Anda dehidrasi dan memicu pembengkakan sinus. Setidaknya, setiap hari Anda meminum delapan gelas atau lebih, air dan minuman sehat lainnya.

    4. Obat alami selanjutnya, bersihkan area hidung. Anda bisa menggunakan larutan garam ringan dan steril untuk mengeluarkan lendir dan alergen yang menyebabkan penyumbatan terhadap hidung. 

    Cara mudahnya, bersandarlah di wastafel, tuangkan larutan ke dalam satu lubang hidung, dan biarkan cairan itu mengalir melalui rongga hidung satu dan keluar dari lubang hidung lainnya. Ketika melakukan tindakan tersebut, bukalah mulut Anda untuk bernapas dan jangan bernapas melalui hidung.

    Anda dapat membeli di toko obat, cairan khusus untuk membersihkan hidung. Anda juga bisa membuat larutan sendiri dengan mencampurkan sekitar satu liter air steril dengan satu sendok teh garam. Beberapa orang menambahkan setengah sendok teh soda kue untuk menghilangkan sengatan garam.

    Konsultasikan pada dokter THT jika kondisi sinusitis Anda tak membaik di beberapa rumah sakit, seperti RSCM, Brawijaya Women & Children Hospital, atau Rumah Sakit Medika Permata Hijau. Atau kunjungi pusat layanan kesehatan terdekat dari rumah Anda.



    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id