Cara Meningkatkan Hormon Bahagia dalam Tubuh Anda

    Dhaifurrakhman Abas - 15 Juni 2019 15:29 WIB
    Cara Meningkatkan Hormon Bahagia dalam Tubuh Anda
    Cara Meningkatkan Hormon Bahagia dalam Tubuh Anda (Foto: ist)
    Jakarta: Setiap orang pasti pernah merasakan kebahagiaan. Entah itu karena jatuh cinta, mendapatkan promosi jabatan dan berbagai kabar gembira lainnya.

    Namun tahukah Anda dari mana perasaan itu berasal? Menurut beberapa studi, rasa bahagia dihasilkan sistem saraf neurotransmitter. Kemudian sistem tersebut memberikan sinyal ke otak bahwa tubuh Anda sedang bergembira.

    Selain itu, perasaan bahagia juga dipengaruhi oleh produksi hormon-hormon dalam tubuh. Uniknya, produksi hormon tersebut bisa dilatih agar Anda terus merasa senang.

    1. Dopamine

    Hormon dopamine mampu memberikan rangsangan kebahagiaan pada tubuh. Adapun cara untuk meningkatkan produksi hormon dopamin adalah dengan mengikuti kegiatan menyenangkan yang bersifat positif. Misalnya dengan berolahraga.

    Selain itu, hormon ini juga bisa ditingkatkan tanpa harus melakukan kegiatan fisik yang berat. Anda cukup meluangkan waktu terpapar di bawah sinar matahari untuk meningkatkan sensitivitas Anda terhadap dopamin.

    Selain itu, menurut Times of India, Anda bisa meningkatkan produksi dopamine dalam tubuh dengan melatih pernapasan dalam dan meditasi. Tidur nyenyak dan mengonsumsi kacang juga dipercaya mampu meningkatkan hormon bahagia ini.

    2. Serotonin

    Hormon ini berfungsi sebagai antidepresan. Oleh sebab itu, ketika kadar serotonin dalam otak rendah, mereka rentan tenggelam dalam depresi.

    Namun tenang saja, hormon ini juga bisa ditingkatkan dengan beberapa cara. Antara lain dengan berolahraga, mengonsumsi makanan kaya tryptophan seperti susu dan mengatur pola tidur yang baik.

    Anda juga disarankan untuk mengonsumsi karbohidrat agar mendapatkan hormon serotine yang melimpah. Selain itu, konsumsi pula makanan yang kaya akan omega 3 seperti ghee, kacang danlentil.

    3. Oktokin

    Hormon oktokin juga kerap disebut 'hormon cinta' karena perannya dalam membangun ikatan dan hubungan emosional. Sama seperti hormone bahagia lainnya, produksi oktokin dalam tubuh juga bisa ditingkatkan.

    Adapun cara meningkatkannya antara lain dengan latihan yoga dan relaksasi, serta makan dengan orang yang sedang dicintai. Selain itu melakukan kegiatan hobi sambil memijat tubuh setidaknya seminggu sekali juga mampu meningkatkan produksi hormone oktokin di dalam tubuh.

     



    (ELG)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id