Manfaat Minyak Oregano bagi Kesehatan

    Raka Lestari - 05 Oktober 2019 14:05 WIB
    Manfaat Minyak Oregano bagi Kesehatan
    ilustrasi---(Foto: Pexels.com)
    Jakarta: Minyak oregano atau oregano oil memiliki banyak manfaat kesehatan. Hal ini karena minyak oregano mengandung sifat anti-bakteri, anti-jamur dan anti-alergi yang tentu sangat bermanfaat bagi kesehatan.

    Minyak oregano juga termasuk dalam salah satu jenis minyak esensial (essential oil) yang akhir-akhir ini semakin meningkat popularitasnya.

    Berikut adalah beberapa manfaat dari minyak oregano bagi kesehatan:

    Meningkatkan kesehatan usus 

    "Sifat antibakteri dan antijamur minyak Oregano memberikan potensinya untuk membantu menyeimbangkan kembali bakteri dan jamur dysbiotic di usus," kata Amanda Frick, dokter naturopati dan direktur urusan medis untuk Thorne Research di South Carolina. 

    Jika Anda menderita Irritable Bowel Syndrome (IBS) , Pertumbuhan Bakteri Intestinal Kecil (SIBO), atau masalah pencernaan lainnya, minyak oregano mungkin bisa menjadi salah satu alternatif.

    Dapat membantu merawat dan mencegah flu 

    Frick menjelaskan bahwa selain sifat antibakteri dan antijamurnya, minyak oregano telah terbukti efektif melawan virus tertentu. "Efek antivirus bersama dengan antioksidan dan sifat analgesik dapat menawarkan trifecta ampuh melawan flu dan batuk," katanya. Ini karena minyak oregano mengandung timol, fungisida alami dengan sifat antiseptik.

    Dapat melawan infeksi bakteri

    Bahan utama minyak Oregano, carvacrol, memiliki sifat antivirus dan antimikroba. "Sifat antibakteri minyak Oregano dapat efektif melawan jenis bakteri yang dapat menghuni saluran pencernaan, pernapasan atas dan saluran kemih, untuk membantu melawan infeksi," kata Frick.

    Membantu mengusir serangga

    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minyak oregano dapat mengusir serangga. Hal ini karena bahan aktif utamanya, yaitu carvacrol yang dapat membantu. Berdasarkan Journal of Arthropod-Borne Diseases pada tahun 2018 mencatat bahwa kandungan atsiri yang terdapat dalam minyak oregano berpotensi lebih besar untuk mengusir serangga. 

    Meringankan gejala alergi

    Khasiat anti radangnya berfungsi sebagai antihistamin alami, sehingga minyak oregano  dapat membantu mengurangi pembengkakan dan penumpukan cairan yang disebabkan oleh gejala alergi. "Minyak Oregano telah dipelajari untuk memodifikasi bagaimana sistem kekebalan tubuh merespon alergen potensial, dan dapat menawarkan manfaat bagi penderita alergi dengan mengurangi gejala seperti pilek," kata Frick.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id