Aktivitas untuk Menyehatkan Pencernaan

    Sunnaholomi Halakrispen - 30 November 2019 15:06 WIB
    Aktivitas untuk Menyehatkan Pencernaan
    Pencernaan yang buruk atau tidak sehat berisiko membuat tubuh tak nyaman menjalani aktivitas. (Ilustrasi/Pexels).
    Jakarta: Pencernaan yang buruk atau tidak sehat berisiko membuat tubuh tak nyaman menjalani aktivitas. Terlebih saat menyantap makanan, perut bisa terasa perih. Tahukah Anda jika ada aktivitas tertentu yang bisa membantu menyehatkan pencernaan?

    Salah satu hal yang bisa dilakukan ialah menurunkan tingkat stres, karena ada pengaruhnya. Hal ini disampaikan oleh dr. Marya Haryono, Sp.GK.

    "Melakukan meditasi, berjalan-jalan, melakukan pijat, hang out, bergembira, tertawa, atau memiliki binatang peliharaan," ujar dr. Marya di Penang Bistro, Menteng, Jakarta Pusat.

    Selain itu, melakukan aktivitas yoga dan menghirup minyak esensial juga berpengaruh. Sebab, bisa memberikan efek relaksasi bagi pikiran dan tubuh, termasuk ke kesehatan pencernaan.
    Kemudian, memerhatikan pola makanan. Mengurangi makanan yang banyak mengandung gas dan kafein dinilai efektif dalam menjaga kesehatan pencernaan. 

    Dalam kebiasaan makan, dianjurkan mengunyah makanan cukup. Tidak terburu-buru atau dilakukan secara perlahan. Cara ini untuk mengurangi tekanan pada sistem pencernaan dan mempercepat sistem pencernaan dalam mengolah karbohidrat yang dimakan.

    "Jika makanan dikunyah sebanyak 32 kali dalam mulut, maka kerja sistem pencernaan menjadi lebih ringan," ucap dia.

    Hal tersebut disebabkan oleh kondisi enzim di dalam mulut. Terdapat enzim amilase untuk memecah pati menjadi karbohidrat yang lebih sederhana yakni maltosa.

    "Mengunyah 32 kali juga memudahkan nutrisi terserap lebih maksimal, karena semakin kecil molekul yang diterima sistem pencernaan semakin mudah enzim memecah dan mengekstrak nutrisi lainnya," paparnya.

    Sejumlah orang juga meyakini bahwa cara mengunyah makanan dengan tepat dapat membuat penderita insomnia tidur lebih cepat. Demikian juga tidur lebih dinikmati atau menjadi lebih pulas. 

    Sementara untuk pasien dengan gangguan iritasi usus, juga mendapatkan dampak positifnya. Mengunyah dengan perlahan bisa memperbaiki iritasi usus. "Menjaga kesehatan pencernaan dianjurkan minum cukup air putih untuk menjaga keseimbangan flira bakteri baik. Dianjurkan juga untuk tidur yang cukup yang berkualitas selama 7-8 jam di malam hari," tuturnya.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id