Tips Merawat Gigi

    Raka Lestari - 18 Agustus 2019 13:03 WIB
    Tips Merawat Gigi
    Ilustrasi-(Foto: Kidsdentalonline)
    Menjaga kesehatan gigi dan mulut tak cukup pergi ke dokter gigi. DI rumah pun kita perlu membiasakan diri merawat gigi. Salah satunya dengan menyikat didi dua kali sehari.

     
    Jakarta: Menjaga kesehatan gigi dan mulut sangat penting untuk dilakukan. Hal ini karena jika terjadi masalah pada gigi dan mulut, tentunya akan berdampak pada bagian-bagian tubuh yang lain mengingat gigi dan mulut merupakan bagian tubuh utama untuk mendapatkan asupan makanan ke dalam tubuh.

    Menjaga kesehatan gigi dan mulut tidak hanya melalui pemeriksaan rutin ke dokter gigi, tetapi juga harus dilakukan kebiasaan-kebiasaan sehat di rumah.
     
    "Untuk perawatan sehari-hari pada gigi yang pertama itu sikat gigi. Banyak orang yang sudah mengetahui bahwa sikat gigi sebaiknya dilakukan dua kali setiap hari, tetapi tidak tahu waktunya kapan," drg. Mia Mariani, pada acara Jakarta Youth Meet Up, di Mall Kota Kasablanka, Sabtu, 17 Agustus 2019. Menurutnya, waktu yang tepat untuk menggosok gigi adalah pada saat bangun tidur dan sesaat sebelum tidur.
     
    Menggosok gigi sesaat sebelum tidur sangat penting dilakukan agar tidak ada sisa-sisa makanan yang menempel. "Pada saat tidur, kondisi mulut akan cenderung lebih kering sehingga asam dan bakteri akan berkembang biak. Hal itulah yang menyebabkan karies atau karang gigi dan lubang gigi terbentuk, yaitu pada saat tdiur karena bakteri menyukai kondisi mulut yang asam," terangnya.
     
    Ia menekankan agar jangan sampai ada sisa makanan yang tertinggal. Selain menggosok gigi, menurut drg. Mia juga penting melakukan flossing.

    Flossing biasanya dilakukan setelah menggosok gigi untuk memastikan bahwa tidak ada sisa-sisa makanan yang tersisa dalam mulut. Untuk melakukan flossing ini, biasanya digunakan benang khusus yang bisa dengan mudah ditemukan di pasaran yang memang khusus untuk penggunaan gigi.
     
    "Pada saat sikat gigi juga jangan lupa untuk membersihkan bagian lidah. Jadi tidak hanya gigi saja yang dibersihkan, tetapi bagian lidah pun harus dibersihkan," ujar drg.Mia.

    Pada beberapa jenis sikat gigi, biasanya sudah terdapat bagian bergerigi yang memang ditujukan untuk membersihkan lidah setelah menggosok gigi. Namun jika sikat gigi Anda tidak memiliki bagian bergerigi untuk membersihkan lidah, bisa juga membeli alat pembersih lidah yang bisa dengan mudah ditemukan.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id