Ini yang Terjadi Jika Tidur dalam Ruangan Panas

    Raka Lestari - 17 Desember 2019 11:25 WIB
    Ini yang Terjadi Jika Tidur dalam Ruangan Panas
    Ilustrasi-Pexels
    Jakarta: Tidur di kasur yang hangat memang dapat membuat nyaman. Tetapi tidur di ruangan yang cukup panas, justru dapat membuat tubuh kesulitan untuk mendapatkan istirahat yang layak.

    Untuk itu, penting juga untuk membuat tubuh merasa nyaman sebelum Anda tidur agar bisa mendapatkan tidur yang nyenyak.

    “Tubuh kita akan cenderung menginginkan suasana yang dingin ketika berpindah dari kondisi terjaga ke kondisi tertidur,” ujar Dr Sujay Kansagra, director of Duke University’s pediatric neurology sleep medicine program dan ahli tidur di Mattress Firm.

    Perubahan suhu menandakan bahwa sudah waktunya tidur, namun jika ruang tidur Anda cukup panas maka proses tersebut tidak akan terjadi. Ruang tidur yang hangat juga dapat menyebabkan keringat dan gangguan tidur lainnya sepanjang malam, bahkan jika Anda tidak merasa panas ketika sedang tertidur.

    “Jika Anda merasa tidak nyaman saat tidur, maka Anda tidak akan mendapatkan tidur yang nyenyak dan tidak akan merasa segar saat bangun tidur. Dan, seiring berjalannya waktu, kurang tidur dapat berpengaruh pada Anda dan kesehatan Anda,” ujar Kansagra.

    Menurut Kansagra, hal yang paling nyata dari kurang tidur bagi orang dewasa adalah rasa kantuk dan kelelahan. Mood Anda juga akan rusak jika kurang tidur, begitu juga dengan fokus Anda.

    "Hal lain yang berpengaruh adalah kesehatan jantung, fungsi kekebalan tubuh, dan pengaturan nafsu makan," tambahnya.

    Selain merasa pusing atau berkeringat, tanda lain ruangan Anda mungkin terlalu panas adalah jika Anda kesulitan tidur.

    "Proses termoregulasi tubuh membantu mengendalikan pola tidur kita dengan cara yang sama dengan ritme sirkadian kita," Ashley Little, CSSC, pelatih ilmu tidur bersertifikat di Mattress Advisor.

    Pada malam hari, suhu tubuh turun untuk membantu kita menjadi mengantuk dan tertidur. Kemudian, di pagi hari, suhu tubuh kita naik untuk menstimulasi kita dan membantu kita bangun.

    Gangguan pada suhu dapat memiliki dampak yang lebih besar pada pola tidur Anda lebih besar dari yang Anda bayangkan. Temperatur ideal ruangan untuk tidur yaitu antara 68 dan 72 derajat Fahrenheit.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id