Waktu yang Tepat Membawa Bayi Pulang dari Rumah Sakit

    Anda Nurlaila - 29 November 2019 06:06 WIB
    Waktu yang Tepat Membawa Bayi Pulang dari Rumah Sakit
    Merawat bayi dan ibu di rumah dianggap lebih nyaman daripada berlama-lama di rumah sakit.(Ilustrasi/Pexels).
    Jakarta: Sebagai ayah dan ibu baru, orang tua dan keluarga mungkin tidak sabar untuk membawa pulang bayi usai persalinan. Merawat bayi dan ibu di rumah dianggap lebih nyaman daripada berlama-lama di rumah sakit.

    Tetapi bagaimana mengetahui kapan bayi yang baru lahir siap meninggalkan rumah sakit? Apakah setelah satu atau dua hari? Mengutip Parents, Asosiasi Dokter Anak Amerika (AAP) memperbarui pedomannya mengenai pemulangan bayi baru lahir yang sehat dari rumah sakit.

    Pedoman yang diterbitkan dalam jaringan dalam  jurnal Pediatrics, menekankan pentingnya kesehatan dan stabilitas bayi dan ibu. Penekanan lainnya memastikan bahwa bayi akan dibawa pulang ke lingkungan yang sesuai.

    Menurut APP beberapa persyaratannya antara lain orang tua harus memiliki kursi mobil yang sesuai dan sepenuhnya menyadari bagaimana menggunakannya dengan benar. Kebijakan itu juga menyebutkan menilai faktor-faktor risiko potensial di rumah; termasuk tetapi tidak terbatas pada penyalahgunaan zat yang tidak diobati, sejarah kekerasan dalam rumah tangga, dan penyakit mental.

    Selain dari tanda-tanda vital dalam kisaran normal, bayi baru lahir juga harus menyelesaikan minimal dua kali proses menyusui yang berhasil. Baik menyusui langsung dari ibu atau menyusui dengan botol.

    "Masa inap yang lebih pendek di rumah sakit, kurang dari 48 jam setelah melahirkan untuk bayi baru lahir yang sehat dapat ditampung tetapi tidak dapat diterapkan untuk setiap ibu dan bayi baru lahir," kata AAP.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id