Mencuci Pembalut Bekas Sebelum Dibuang, Perlu atau Tidak?

    Medcom - 23 September 2021 06:54 WIB
    Mencuci Pembalut Bekas Sebelum Dibuang, Perlu atau Tidak?
    Pakar kesehatan menyebut tak ada kewajiban mencuci pembalut sebelum dibuang. (Foto: Pexles/Greta Hoffman)



    Jakarta: Persoalan mengenai menstruasi terkadang masih sering membuat bingung. Salah satunya, perlu tidaknya mencuci pembalut bekas pakai sebelum dibuang.

    Beberapa mitos menyebut, pembalut yang sembarangan dibuang bakal mengundang hal-hal yang tak diinginkan. Bahkan kerap dikaitkan dengan hal mistis seperti diikuti makhluk gaib.

     



    Selain itu ada pula yang berkata kalau mencuci pembalut merupakan tindakan higienis. Tetapi, apakah sebetulnya pembalut bekas perlu dicuci sebelum dibuang?

    Dilansir dari berbagai sumber, pada dasarnya pembalut tidak harus dicuci usai dipakai. Sebab, pembalut dirancang dengan bahan disposable untuk menampung darah kotor akibat menstruasi dan bisa langsung dibuang. 

    Pakar kesehatan menyebut tak ada kewajiban mencuci pembalut sebelum dibuang. Misalnya, spesialis kandungan Rumah Sakit Ibu dan Anak Brawijaya dr Dinda Derdameisya yang mengatakan tak ada yang salah dengan kebiasaan mencuci pembalut.

    "Kalau dari sisi medis, terutama dalam kesehatan genitalia perempuan, sebenarnya enggak ada hubungannya antara (pembalut) harus dicuci dahulu atau boleh langsung dibuang. Tetapi jika kita memikirkan masalah limbah, pencemaran dari darah, itu (pembalut) ya memang lebih baik langsung dibungkus dan dibuang (tanpa dicuci)," kata dia.

    Dia menilai perempuan yang sedang menstruasi sah-sah saja mencuci pembalut jika kebiasaan ini membuat nyaman dan merasa lebih lega. Apalagi jika terpaksa harus membuang pembalut di tempat sampah umum.

    Jadi, semuanya kembali ke soal nyaman atau tidak serta pengelolaan limbah. (Raissa Oktaviani)

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id