Cara Curhat tentang Hubungan Tanpa Menyakiti Pasangan - Medcom

    Cara Curhat tentang Hubungan Tanpa Menyakiti Pasangan

    Kumara Anggita - 17 Oktober 2019 19:21 WIB
    Cara Curhat tentang Hubungan Tanpa Menyakiti Pasangan
    Bolehkah Anda curhat pada orang lain? Simak informasi selengkapnya. (Foto: Pexels.com)
    Jakarta: Terkadang, tanpa disadari mencurahkan isi hati pada orang di sekitar mengenai hubungan Anda bisa terlalu jauh. Anda memberikan detail yang sesungguhnya tak diperlukan.

    Bila pasangan Anda mengetahuinya dan tak menerimanya maka tindakan ini dapat membuat pasangan jadi tak percaya lagi dengan Anda. Sementara rasa percaya adalah fondasi dari sebuah hubungan yang nyaman.

    Namun, Anda tak perlu khawatir karena ada cara aman untuk curahan hati tanpa menyakiti pasangan Anda yang dilansir dari Huffpost.

    Anda perlu untuk memiliki percakapan yang jujur dengan pasangan di mana Anda bertanya unsur-unsur mana yang boleh dibagikan dan kepada siapa curahan hati itu diceritakan.

    Pastikan bahwa pasangan Anda juga terbuka tentang kesepakatan ini, karena berbagi cerita pada pihak lain adalah hal yang wajar. "Gagasan bahwa Anda ingin mendukung di luar hubungan sangat normal dan sehat," kata Psikolog, Ryan Howes.

    “Jika pasangan Anda melarang Anda berbicara tentang bagian mana pun dari hubungan Anda dengan orang lain, ini adalah tanda bahaya. Anda harus dapat berbicara tentang beberapa hal, dan melakukan diskusi ini untuk menjelaskan apa dan dengan siapa percakapan itu," lanjutnya.

    Cara Curhat tentang Hubungan Tanpa Menyakiti Pasangan
    (Diskusikan kepada pasangan Anda, hal apa saja yang boleh dibagikan dan kepada siapa curahan hati itu diceritakan. Bicarakan tentang perasaan Anda, bukan tentang tindakan atau detail pasangan Anda. Foto: Pexels.com)

    Curhat pada orang menjadi penting karena Anda akan menemukan perspektif baru yang mugkin bisa membantu Anda melewati krisis hubungan. Kendati demikian, yang Anda bagikan seharusnya cerita secara garis besar saja. Tak perlu berikan detail.

    "Bicaralah tentang perasaan Anda, bukan tentang tindakan atau detail pasangan Anda," kata pelatih hubungan, Jonathan Robert.

    "Misalnya, jika pasangan Anda baru saja mendapat pemotongan gaji besar, bicarakan dengan keluarga tentang tekanan beban keuangan Anda daripada menyalahkan hilangnya pendapatan pasangan Anda," lanjutnya.

    Menyalahkan akan membuat orang yang Anda jadikan tempat curhat punya akses menilai pasangan Anda. Robert menjelaskan bahwa apa yang Anda bagikan tidak bisa ditarik kembali. Hal ini dapat mengubah persepsi tentang pasangan Anda di mata orang yang Anda jadikan tempat curhat.

    Karena itu, gunakan kata hati Anda saat sedang curhat. Pasti Anda tahu hal apa yang perlu untuk dilakukan untuk keluar dari masalah.





    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id