11 Manfaat Tidur bagi Kesehatan Tubuh

    Medcom - 01 Oktober 2019 08:10 WIB
    11 Manfaat Tidur bagi Kesehatan Tubuh
    Selama tidur Anda dapat memperkuat ingatan atau keterampilan 'berlatih'. (Foto: Pixabay)
    Jakarta: Banyak orang menyebut bahwa tidur merupakan salah satu pemulihan terbaik untuk tubuh. Dengan tidur, tubuh akan terasa jauh lebih baik. Tetapi di balik itu arti pentingnya lebih dari sekadar meningkatkan mood atau mengusir lingkaran bawah mata Anda.

    Tidur yang cukup merupakan bagian penting dari gaya hidup sehat dan dapat bermanfaat bagi jantung, berat badan, pikiran, dan banyak lagi.

    Menurut David Rapoport, MD, direktur program gangguan tidur NYU, dulu pola tidur agak diabaikan. Namun tidak demikian untuk saat ini, karena pola tidur dapat mempengaruhi kinerja otak.

    Dilansir dari Health, berikut ini beberapa manfaat kesehatan yang peneliti temukan tentang tidur malam yang nyenyak.

    1. Tingkatkan memori

    Tanpa disadari ketika Anda tidur beberapa saat, pikiran akan bekerja ekstra. Selama tidur Anda dapat memperkuat ingatan atau keterampilan 'berlatih' yang dipelajari saat Anda bangun, proses ini disebut juga konsolidasi.

    "Jika Anda mencoba mempelajari sesuatu, apakah itu fisik atau mental, Anda mempelajarinya sampai titik tertentu dengan latihan. Tetapi sesuatu yang terjadi saat Anda tidur dapat membuat Anda belajar lebih baik," kata Dr. Rapoport.

    Dengan kata lain, jika Anda mencoba mempelajari sesuatu yang baru seperti bahasa Spanyol atau bola basket, kemungkinan Anda akan tampil lebih baik setelah tidur.

    2. Hidup lebih lama

    Terlalu banyak atau terlalu sedikit tidur dikaitkan dengan umur yang lebih pendek. Meskipun tidak jelas apa itu penyebab atau efeknya, mungkin penyakit juga dapat memengaruhi pola tidur.

    Sebuah studi pada 2010 pada wanita usia 50 hingga 79 tahun menunjukkan, lebih banyak kematian terjadi pada wanita yang mengalami waktu tidur kurang dari lima jam, atau lebih dari enam setengah jam per malam. Selain itu, tidur juga memengaruhi kualitas hidup.

    "Banyak hal yang kita anggap remeh dipengaruhi oleh tidur," kata Raymonde Jean, MD, direktur obat tidur dan direktur asosiasi perawatan kritis di St. Luke's-Roosevelt Hospital Center di New York City.

    Ia menambahkan, jika seseorang tidur lebih nyenyak, maka dipastikan orang tersebut bisa hidup lebih baik.

    3. Mengurangi peradangan

    Peradangan terkait dengan penyakit jantung, stroke, diabetes, radang sendi, dan penuaan dini. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang kurang tidur dari enam jam atau tidur lebih sedikit malam memiliki kadar protein inflamasi dalam darah yang lebih tinggi daripada mereka yang tidak melakukan itu.

    Sebuah studi tahun 2010 menemukan bahwa protein C-reaktif, yang berhubungan dengan risiko serangan jantung, lebih tinggi pada orang yang tidur kurang dari enam jam atau tidur larut malam.

    4. Memacu kreativitas

    Tidur yang nyenyak sebelum melakukan aktivitas dengan kuas cat atau pena dan kertas. Selain mengonsolidasikan ingatan atau menjadikannya lebih kuat, otak Anda tampaknya menata ulang dan menghasilkan lebih banyak kreativitas juga.

    Para peneliti di Universitas Harvard dan Boston College menemukan bahwa orang tampaknya memperkuat komponen emosional dari memori selama tidur. Itu dapat membantu memacu proses kreatif.


    5. Menjadi pemenang

    Jika Anda seorang atlet, mungkin tidur menjadi salah satu cara sederhana untuk meningkatkan kinerja Anda.

    Sebuah studi dari Universitas Stanford menemukan bahwa para pemain sepak bola perguruan tinggi yang mencoba tidur setidaknya 10 jam setiap malam selama tujuh hingga delapan minggu meningkatkan waktu lari rata-rata mereka.

    Selain itu, mereka juga mengalami lebih sedikit kelelahan di siang hari serta memiliki lebih banyak stamina. Hasil penelitian ini mencerminkan temuan sebelumnya yang terlihat pada pemain tenis dan perenang.

    6. Tingkatkan nilai

    Anak-anak antara usia 10 dan 16 tahun yang mengalami gangguan pernapasan tidur seperti mendengkur, sleep apnea, dan jenis-jenis pernapasan yang mengganggu saat tidur lainnya, lebih cenderung memiliki masalah dengan perhatian dan pembelajaran.

    Menurut sebuah studi pada 2010 di jurnal 'Sleep'. Ini dapat mengarah pada "gangguan fungsional yang signifikan di sekolah," catat para penulis penelitian.

    Dalam studi lain, mahasiswa yang tidak cukup tidur memiliki nilai lebih buruk daripada mereka yang melakukannya.

    "Jika Anda berusaha memenuhi tenggat waktu, mungkin Anda bersedia mengorbankan tidur, tetapi kurang tidur yang parah dan berulang tentu dapat mengganggu proses belajar," kata Dr. Rapoport.


    7. Pertajam fokus atau perhatian

    Menurut Dr. Rapoport, kurang tidur dapat menyebabkan gejala seperti ADHD pada anak-anak.

    "Anak-anak tidak bereaksi dengan cara yang sama saat kurang tidur seperti orang dewasa. Kalau orang dewasa mengantuk, anak-anak cenderung menjadi hiperaktif." ujarnya.

    Sebuah studi tahun 2009 dalam jurnal Pediatrics menemukan bahwa anak-anak usia tujuh dan delapan tahun yang tidur kurang dari delapan jam semalam lebih cenderung hiperaktif, lalai, dan impulsif.

    "Kami mendiagnosis dan mengukur tidur dengan mengukur perubahan listrik di otak, jadi tidak mengherankan bagaimana kita tidur memengaruhi otak." tambah Rapoport.

    8. Memiliki berat badan yang sehat

    Para peneliti di University of Chicago menemukan bahwa, para pelaku diet yang cukup istirahat kehilangan lebih banyak lemak sekitar 56 persen dari penurunan berat badan mereka dibandingkan mereka yang kurang tidur, yang kehilangan lebih banyak massa otot.

    Diketahui dalam penelitian ini, ketika pelaku diet kurang tidur ia akan merasa lebih lapar daripada yang memiliki cukup tidur.

    "Tidur dan metabolisme dikendalikan oleh sektor otak yang sama. Ketika Anda mengantuk, hormon-hormon tertentu naik dalam darah Anda, dan hormon-hormon yang sama mendorong nafsu makan." kata Dr. Rapoport.

    9. Menurunkan stres

    Ketika menghadapi masalah kesehatan, stres dan pola tidur hampir sama dan keduanya dapat memengaruhi kesehatan jantung.

    "Tidur pasti dapat mengurangi tingkat stres, dengan itu orang dapat memiliki kontrol yang lebih baik terhadap tekanan darah mereka," kata Dr. Jean.

    "Tidur juga diyakini mampu memengaruhi kadar kolesterol, yang memainkan peran penting dalam penyakit jantung." tambahnya.

    10. Hindari kecelakaan

    Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional melaporkan pada 2009, kelelahan merupakan penyebab kecelakaan mobil tunggal di jalan yang paling fatal akibat kinerja pengemudi, ini bahkan lebih dari alkohol.

    "Kantuk terlalu diremehkan sebagai masalah oleh kebanyakan orang. Padalah kurang tidur juga dapat memengaruhi waktu reaksi dan pengambilan keputusan," kata Dr. Rapoport.

    Kurang tidur dalam satu malam dapat merusak kemampuan mengemudi Anda seperti halnya minuman beralkohol.

    11. Hindari depresi

    Tidur nyenyak lebih berarti bagi kesejahteraan tubuh Anda secara keseluruhan daripada marah-marah.

    "Kurang tidur dapat menyebabkan depresi. Tidur nyenyak dapat membantu orang yang moody mengurangi kecemasannya. Anda mendapatkan stabilitas emosional yang lebih dengan tidur yang baik," kata Dr. Jean.

    Jika Anda berpikir bahwa jam kerja yang panjang selama seminggu adalah penyebab kecemasan atau ketidaksabaran Anda, Dr. Rapoport mengingatkan bahwa tidur tidak harus dilakukan pada akhir pekan.

    "Jika Anda tidur lebih banyak saat akhir pekan, Anda tidak cukup tidur di minggu itu," katanya. "Ini semua tentang menemukan keseimbangan.

    Sandra Odilifia



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id