Lockdown Dianggap Belum Perlu Diterapkan di Indonesia

    Kumara Anggita - 17 Maret 2020 10:05 WIB
    <i>Lockdown</i> Dianggap Belum Perlu Diterapkan di Indonesia
    Sejauh ini masyarakat Indonesia dihimbau untuk melakukan social distancing namun tidak untuk lockdown. (Foto:Pexels)
    Jakarta: Berbagai cara dilakukan untuk mengurangi persebaran penyakit baru yang disebabkan oleh virus korona atau covid-19. Sejauh ini masyarakat Indonesia dihimbau untuk melakukan social distancing namun tidak untuk lockdown.

    Dalam tayangan video Metro TV, lockdown adalah situasi di mana orang tidak diizinkan masuk atau meninggalkan area secara bebas karena keadaan darurat. Dalam kasus covid-19 lockdown dilakukan untuk menguci akses masuk dan keluar sebuah daerah atau negara untuk mencegah penyebaran dan penularan covid-19.

    Dengan menerapkan kebijakan ini, semua sekolah, tempat umum, dan industri harus diberhentikan sementara. Dan hal ini nantinya juga akan berimbas pada warga sekitar khususnya dalam sektor ekonomi.

    Indonesia dianggap tidak perlu melakukannya. Karena menurut Juru bicara penanganan wabah virus korona, Achmad Yurianto yang perlu dilakukan adalah mencari sumber penularan, isolasi dan karantina. 

    Dia juga menyebutkan bahwa sebelumnya Korea Selatan tepatnya Daegu sudah menerapkan ini namun tidak berhasil. Justru ketika lockdown dicabut,  kasusnya malah menurun.

    Sementara itu, Pakar Ekonomi Bhima Yudhistra menyebutkan ada tiga hal yang bisa dilakukan Indonesia saat ini antara lain:

    - Pembatasan aktivitas di ruang publik khususnya lansia

    - Penutupan sekolah, kantor, dan tempat wisata.

    - Pelarangan aktivitas yang melibatkan banyak orang

    Namun sayangnya pembatasan khusus lansia dan pelarangan aktivitas yang melibatkan banyak orang juga belum diterapkan secara keseluruhan. Seharusnya kebijakan ini lebih ditegaskan lagi.

    Sekarang, yang perlu Anda lakukan adalah dengan cuci tangan dengan tmenggunakan air bersih dan sabun atau pembersih berbahan dasar alkohol, jangan menyentuh area bagian mata, hidung, dan mulut, jangan sentuh sembarang benda-benda yang dipakai umum, dan sebisa mungkin jangan hindari tempat yang ramai. 

    Tetaplah tenang dan bersemangat!





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id