Cara Pasien Lupus Terhindar dari Covid-19

    Sunnaholomi Halakrispen - 26 Juni 2020 19:07 WIB
    Cara Pasien Lupus Terhindar dari Covid-19
    Ilustrasi-Pexels
    Jakarta: Sejumlah perusahaan di Amerika Serikat menyumbangkan hydroxychloroquine dan chloroquine untuk penggunaan ke pasien Covid-19. Bahkan, FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat) bekerja sama dengan mereka untuk menghasilkan lebih banyak lagi.

    Pada masa depan, masyarakat setempat akan memudahkan untuk mendapatkan obat tersebut dari apotek terdekat. Sementara pasien lupus rentan terpapar virus corona baru karena daya tahan tubuh yang tidak baik.

    Lalu, bagaimana jika pasien lupus tidak mendapatkan hydroxychloroquine atau chloroquine? Anda mungkin khawatir jika kehabisan obat. Dikutip dari WebMD, obat itu bisa bertahan di tubuh Anda hanya untuk sementara waktu. Supaya aman, Anda mungkin ingin melakukan beberapa tindakan.

    Di antaranya, mencari obat di apotek yang berbeda, membeli untuk pasokan setidaknya 90 hari, atau memeriksa tempat yang menjual obat-obatan racikan. Hal yang perlu ditekankan ialah memastikan Anda mendapatkan obat lupus Anda.

    Anda mungkin perlu berbicara dengan apoteker, dokter, dan perusahaan asuransi Anda tentang cara mendapatkan obat tersebut lebih banyak. Jika Anda tidak bisa mendapatkan hydroxychloroquine atau chloroquine yang cukup, jangan mulai mengonsumsi lebih sedikit.

    Sebaliknya, beri tahu dokter bahwa Anda sedang kehabisan. Nantinya, dokter akan mencarikan solusi untuk kondisi Anda. Bisa dengan menurunkan dosis obat, mengganti obat Anda, maupun mencari cara lain agar Anda tetap aman.

    Cara terbaik bagi penderita lupus dalam menghindari rasa sakit ialah dengan mengikuti langkah-langkah keamanan yang direkomendasikan oleh pejabat kesehatan masyarakat di masing-masing negara. Biasanya, pasien lupus diimbau untuk menghindari orang lain yang mungkin telah terinfeksi covid-19.

    Selain itu, diimbau juga untuk rajin mencuci tangan Anda dengan cara yang benar, serta menghindari menyentuh area hidung, mulut, dan mata Anda. Kemudian, melakukan disinfeksi pada permukaan di rumah yang sangat sering disentuh.

    Juga, cobalah untuk menghindari apa pun yang memicu lupus Anda. Misalnya, stres fisik atau emosional, faktor sinar matahari, obat-obatan tertentu seperti antibiotik atau obat sulfa.

    Namun, jika Anda merasa sakit atau mengalami gejala baru, segera hubungi dokter Anda. Perlu diingat bahwa sebagian besar kasus covid-19 memunculkan gejala ringan. Itu berarti, Anda akan menjadi lebih baik ketika berada di rumah.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id